Cara Menghitung Luas Tanah Tidak Beraturan

Rumus Menghitung Luas Tanah – Menghitung luas tanah mungkin terdengar sepele. Akan tetapi fakta di lapangan tidak semudah apa yang kita duga sebelumnya. Mengetahui luas tanah adalah hal yang penting, terlebih jika kita ingin menjual tanah ataupun melakukan pembangunan di suatu tempat.

Perlu diketahui, tanah yang biasanya dijual oleh masyarakat tidak selalu berbentuk persegi atau persegi panjang. Dalam beberapa kasus ada yang bentuknya tidak beraturan. Maka dari itu bagi yang berkecimpung dalam dunia konstruksi sangat penting untuk mengetahui persis cara menghitung luas tanah.

mengukur tanah

Pada pembahasan kali ini kami tertarik untuk membahas lebih jauh seputar hal tersebut. Sehingga Anda tidak perlu bingung lagi ketika ingin menghitung luas tanah.

Menghitung Luas Tanah Manual

Menghitung luas tanah secara manual bisa kita lakukan dengan memanfaatkan rumus tertentu. Yang perlu kita ketahui adalah bentuk dari tanah tersebut. Apabila bentuknya persegi panjang, kita bisa memakai rumus luas persegi panjang. Jika bentuknya segitiga maka tentu saja kita memakai rumus luas segitiga untuk menghitungnya. Untuk lebih jelasnya silakan simak pembahasan di bawah ini.

Luas Tanah Persegi Panjang

Tanah berbentuk persegi panjang mudah untuk dihitung berapa luasnya. Kita tinggal mengalikan panjang dengan lebarnya saja. Misalnya ada suatu tanah dengan ukuran 5 x 12 meter. Maka luas dari tanah tersebut adalah 5 x 12 = 60 meter persegi.

menghitung luas tanah

Luas Tanah Segitiga

Menghitung luas tanah yang berbentuk segitiga juga tidak rumit. Kita sudah pernah mempelajari materi luas segitiga saat di bangku sekolah dasar. Pada dasarnya rumus yang dipakai sama saja. Untuk mengingat kembali, berikut rumus yang bisa kita pakai.

Baca juga: Harga Borongan Bangunan Rumah

Luas Segitiga Siku-Siku

L = ½ x Alas x Tinggi

Luas Segitiga Sama Sisi

L = a²/4 x √3

Dimana a adalah panjang sisi segitiga.

Luas Segitiga Sembarang

Untuk segitiga sembarang, kita memanfaatkan rumus:

S = (A+B+C) : 2

L = √[S x (S-A) x (S-B) x (S-C)]

S di atas adalah keliling segitiga. Sementara A, B, C adalah besaran panjang sisi-sisi segitiga. Lalu untuk L merupakan luas segitiga itu.

menghitung tanah

Menghitung Luas Tanah Tidak Beraturan

Untuk tanah yang tidak beraturan, ada tantangan tersendiri ketika kita harus menghitung luasnya. Akan tetapi bukan berarti tidak bisa untuk dicari. Cara menghitung luas tanah tidak beraturan sebenarnya bisa kita lakukan dengan membagi setiap sudutnya menjadi beberapa bagian segitiga.

Sehingga untuk mengetahui luas keseluruhan tanah tersebut, kita perlu mengetahui berapa luas dari masing-masing segitiga. Ketika sudah mengetahui luas masing-masing segitiga, kita tinggal menjumlahkan luas tersebut. Berikut adalah contohnya.

Leave a Comment