Model Kanopi Kayu Minimalis Sederhana

Kanopi Kayu Minimalis – Jika ingin bersantai di luar rumah tanpa takut kepanasan, maka kanopi bisa menjadi solusinya. Di era seperti sekarang ini kanopi sering terlihat di rumah-rumah. Ada yang dipasang di teras rumah, atau di belakang rumah. Pemasangan kanopi pada rumah ini memiliki tujuan tersendiri.

Kanopi pada dasarnya berfungsi untuk melindungi perabotan yang diletakkan di teras atau di halaman rumah dari sinar matahari maupun hujan. Selain itu kita juga bisa bersantai di bawahnya dengan santai sembari menikmati suasana sekitar tanpa perlu merasa kepanasan.

Tidak hanya itu saja, kanopi juga bisa mempercantik tampilan rumah. Oleh karenanya ada banyak sekali desain kanopi yang bisa kita temui. Material yang digunakan juga beragam. Jika Anda tipikal orang yang suka dengan suasana alami, Anda bisa mengaplikasikan material kayu pada kanopi rumah Anda.

Kanopi kayu menjadi salah satu jenis kanopi yang cukup banyak peminat. Tidak hanya memberikan kesan natural saja, bahan kayu juga bisa menghadirkan kesan minimalis dan mewah. Tentu saja hal ini juga dipengaruhi oleh desain kanopi itu sendiri. Untuk itu kami berikan referensi model kanopi kayu minimalis yang bisa Anda jadikan pertimbangan sekaligus inspirasi jika berniat memasang kanopi di rumah.

Kanopi Kayu dengan Rangka Besi

kanopi kayu besi

Inspirasi pertama adalah kanopi kayu yang dipadukan dengan besi sebagai rangkanya. Kanopi ini bisa memberikan durabilitas yang sangat baik. Selain itu tampilannya juga bisa membuat rumah terlihat modern.

Sebagai pelengkap Anda bisa memodifikasi dinding eksterior rumah dengan material kayu sehingga terlihat senada. Tambahkan pula tanaman untuk memperkuat kesan natural. Sehingga Anda bisa bersantai dengan nyaman di sana. Pemakaian sekat pada kanopi kayu juga bisa membuat suasana lebih cerah dan terhindar dari pengap.

Baca juga: Desain Teras Rumah Minimalis

Kanopi Kayu Outdoor

kanopi kayu outdoor

Apabila Anda berniat untuk memasang kanopi untuk eksterior rumah, Anda bisa mendesainnya seperti kanopi kayu yang satu ini. Kanopi ini memiliki susunan material kayu yang didominasi warna coklat muda. Hal inilah yang membuat tampilannya terlihat lebih cerah dan mencolok.

Anda bisa menambahkan lantai motif kayu di bawahnya. Berikut meja dan kursi yang juga terbuat dari material kayu. Sebagai pemanis tambahkan pula tanaman di setiap sudut kanopi. Atau Anda juga bisa menggantung tanaman berukuran kecil supaya terlihat lebih hijau.

Kanopi Kayu dengan Kain

kanopi kayu kain

Dengan desain yang sederhana, Anda tetap bisa mendapatkan kanopi kayu dengan tampilan yang menarik. Seperti contoh gambar kanopi kayu yang satu ini. Material kayu dipakai sebagai penyangga. Lalu pasang kain khusus kanopi di bagian atas untuk membuat tampilannya semakin cantik namun tetap minimalis. Alhasil Anda bisa duduk di sana dengan nyaman ditemani suasana yang minimalis.

Sebagai saran cari jenis kanopi dengan kain yang bisa ditarik alias retractable. Dengan demikian Anda bisa mengatur seberapa banyak bagian di bawah kanopi yang terlindungi dan terpapar sinar matahari. Di samping itu Anda tetap bisa bersantai dengan nyaman di bawahnya walaupun hujan rintik-rintik.

Kanopi Kayu dengan Sentuhan Modern

kanopi kayu modern

Gaya minimalis modern memiliki peminat yang banyak. Selain itu gaya ini juga masih tren hingga saat ini. Oleh karenanya Anda bisa menerapkannya pada kanopi rumah. Anda bisa memanfaatkan teras atau halaman dan menambahkan kanopi di atasnya. Sehingga Anda bisa mendapatkan ruang bersantai yang nyaman dan terlindung dari panas matahari.

Sisanya terserah Anda. Bisa dengan menambahkan kursi empuk dan coffee table. Atau juga bisa menambahkan dekorasi seperti tumbuhan, lampu teras supaya tampilannya semakin menarik dipandang mata.

Kanopi Kayu dengan Tumbuhan

kanopi kayu simpel

Supaya lebih sejuk dan natural, Anda bisa memadukan kanopi kayu dengan beberapa tumbuhan. Salah satu inspirasinya adalah kanopi kayu di atas. Material kayu pada kanopi ini dilabur dengan cat berwarna putih supaya area tersebut terlihat lebih terang. Kemudian kanopi ini dihiasi dengan beberapa tumbuhan dan pohon berukuran  kecil supaya menciptakan kesan sejuk.

Selain itu Anda juga bisa memakai material kaca sebagai penutup rangka kayu. Sehingga taman ataupun teras tidak adakan basah saat hujan turun. Anda juga bisa menambahkan tanaman merambat untuk membuat kanopi terlihat lebih teduh. Biarkan tanaman ini tumbuh melingkar pada kanopi supaya Anda terlindung dari cahaya matahari.

Kanopi Kayu Desain Unik

kanopi kayu unik

Kanopi ini memiliki desain yang tak lazim dan unik. Kanopi kayu ini hanya memakai dua pilar kayu yang terpasang ke dinding rumah. Sehingga area bersantai menjadi lebih maksimal. Dengan tampilannya yang unik namun sederhana, kanopi ini akan membuat teras atau halaman rumah Anda terlihat menarik dan bisa Anda gunakan untuk bersantai kapanpun Anda mau.

Jika dirasa kurang, tambahkan beberapa elemen dekorasi. Misalnya tanaman sukulen, vas bunga atau lampu hias. Sisanya tinggal kreasikan sesuai dengan selera Anda.

Kanopi Kayu Berdesain Artistik

kanopi kayu artistik

Inspirasi berikutnya adalah kanopi kayu dengan desain yang artistik. Material yang digunakan bisa kayu balok dan lumbersering. Anda bis ajuga memakai kayu daur ulang supaya kesan artistik pada kanopi lebih terasa. Sedangkan finishing bisa disesuaikan selera. Bisa dengan sentuhan plitur natural, cat kayu ataupun unfinish.

Jika dilihat, material kayu balok disusun berjajar dengan jarak yang disesuaikan dengan area yang tersedia untuk menghadirkan kesan menarik. Untuk rumah berukuran kecil disarankan memilih kayu berukuran kecil dengan jarak 20 centimeter supaya cahaya matahari tetap bisa masuk.

Kanopi Kayu Lumbersering

kanopi kayu mewah

Jika ingin memakai lumbersering, Anda bisa memanfaatkannya sebagai pengisi langit-langit. Alhasil kesan mewah akan didapat ketika memandang kanopi ini. Terlebih jika Anda menambahkan pencahayaan yang tepat.

Kanopi Kayu Pattern

kanopi kayu pattern

Selain inspirasi di atas, Anda bisa membuat kanopi kayu yang langit-langitnya didesain dengan gaya pattern. Kayu-kayu disusun secara vertikal dan horizontal supaya menghadirkan kesan yang menarik dan berbeda. Alhasil Anda mendapatkan kanopi kayu minimalis yang bisa mempercantik suasana rumah.

Baca juga: Harga Kanopi Kaca Per Meter

Kanopi Kayu dengan Tirai Bergelombang

kanopi kayu sederhana 

Anda bisa memadukan kanopi kayu dengan tirai bergelombang berbahan kain. Penggunaannya dengan cara mengatur lebar sempitnya bentangan kain sesuai kebutuhan saat matahari sedang terik. Kain ini berfungsi sebagai penutup atap kanopi sehingga Anda terlindung dari panas  matahari.

Hanya saja jika ingin menerapkan desain ini Anda harus memperhatikan perawatannya. Sebab kebersihan kain perlu dijaga. Apalagi jika Anda memilih kain berwarna putih. Anda perlu mencucinya secara rutin supaya kain tetap menarik.

Disarankan untuk memilih kain waterproof dan hydrophobic. Kain tersebut mempunyai kerapatan yang padat sehingga mampu menahan air hujan.

Demikian inspirasi desain kanopi kayu bergaya minimalis yang bisa kami sampaikan. Anda masih bisa menjumpai referensi lain seputar kanopi kayu, baik di majalah, media sosial ataupun TV. Atau Anda bisa berkreasi dalam membuat kanopi kayu sesuai selera. Semoga informasi di atas bermanfaat untuk Anda.

Leave a Comment