Desain Rumah Minimalis Modern 2020

Desain Rumah Minimalis – Tren rumah minimalis modern masih terbilang ramai peminat. Banyak orang yang tertarik untuk memiliki hunian yang kekinian. Sebenarnya banyak sekali inspirasi rumah dengan desain yang simple atau minimalis.

Sebagai contoh ada rumah dengan konsep interior Skandinavia. Atau ada juga yang mengusung konsep vintage atau klasik dan lain sebagainya. Bangunan dengan konsep ini banyak dipilih karena beberapa keunggulan yang dimilikinya.

Untuk diketahui, konsep ini pada dasarnya menitikberatkan efisiensi dan fungsional. Tidak hanya itu, yang perlu diperhatikan pada konsep sederhana selain arsitektur rumah yaitu desain interior, pemilihan warna, furnitur, cahaya dan faktor pendukung lainnya.

Maka dari itu Anda bisa mencari banyak referensi seputar rumah minimalis modern. Tidak sebatas denahnya saja, namun juga tampilan rumah secara keseluruhan. Untuk memudahkan Anda mencari inspirasi, kami berikan beberapa inspirasi yang mungkin bisa bermanfaat untuk Anda.

Inspirasi Model Rumah Minimalis Modern

Rumah Minimalis 1 Lantai

desain rumah simpel denah rumah modern

Rumah 1 lantai tetap bisa didesain dengan sentuhan minimalis. Dilihat dari inspirasi di atas, dengan luas tanah yang cukup lapang, Anda bisa memiliki rumah dengan dua kamar. Di bagian depan Anda bisa membuat ruang tamu, dan juga bisa digabung dengan ruang makan serta dapur.

Sedangkan di bagian belakang terdapat kamar tidur dan kamar mandi. Selain itu juga bisa ditambah ruang untuk bersantai maupun bermain.

Baca juga: Warna Cat Rumah Minimalis

Rumah 2 Lantai

rumah modern minimalis desain minimalis modern

Apabila mempunyai dana yang lebih, Anda bisa membangun rumah dengan 2 lantai. Sehingga Anda mempunyai ruangan yang luas. Misalnya seperti gambar di atas, untuk lantai bawah bisa difungsikan sebagai ruang tamu, kamar mandi, dapur dan ruang makan.

Untuk kamar tidur dan kamar mandi lainnya bisa diposisikan di lantai 2. Di lantai ini Anda bisa membuat tiga kamar dan satu toilet.

Rumah 3 Kamar Minimalis

rumah modern minimalis rumah minimalis modern

Untuk Anda yang sudah berkeluarga dan memiliki anak, rumah dengan tiga kamar mungkin akan menjadi prioritas bagi Anda. Hanya saja luas rumah juga tidak boleh terlalu sempit. Posisi kamar tidak harus bersampingan, bisa saja ditempatkan di titik yang berbeda.

Untuk luas bangunan yang tidak terlalu lapang, pemilihan perabotan juga tidak boleh asal-asalan. Untuk menjaga kenyamanan dan menghindari kesan sempit di suatu ruangan, Anda harus mencermati furnitur mana yang tepat. Supaya lebih aman pilih furnitur yang tidak terlalu besar. Dan hindari meletakkan terlalu banyak dekorasi sehingga kesan minimalis tetap terjaga.

Rumah 2 Kamar

rumah 1 lantai denah rumah minimalis

Rumah 2 kamar biasanya memiliki harga yang terjangkau. Sehingga bisa menjadi pilihan tepat bagi Anda yang belum ataupun baru menikah. Kuncinya adalah dengan memanfaatkan ruang terluas untuk membaginya menjadi dua kamar. Anda bisa membaginya segi lebar ataupun panjang. Yang terpenting kamar itu nantinya bisa memuat ranjang, lemari dan furnitur lainnya.

Rumah 1 Kamar

denah rumah modern desain rumah sederhana

Selain rumah dengan dua kamar, rumah satu kamar biasanya juga memiliki harga yang terjangkau. Untuk rumah jenis ini Anda bisa memanfaatkan bagian lain sebagai ruangan serba guna. Pada contoh desain di atas, rumah mempunyai dapur terbuka, ruang tamu yang lapang, ruang cuci, toilet, ruang untuk kerja dan ruang santai.

Rumah 3 Lantai 2 Kamar Minimalis

rumah modern denah rumah minimalis

Mungkin jarang orang yang memilih rumah tiga lantai. Akan tetapi rumah seperti ini mempunyai beberapa keunggulan. Karena ketersediaan ruang yang lapang Anda bisa memanfaatkannya sebagai ruang kerja ataupun usaha.

Pada desain di atas, lantai paling bawah dipakai sebagai ruang tamu atau kantor kecil. Sementara lantai dua dan tiga bisa Anda manfaatkan sebagai ruang pribadi. Baik kamar tidur, kamar mandi, dapur dan lain sebagainya. Atau Anda juga bisa memanfaatkan lantai teratas untuk istirahat.

Rumah 1 Lantai 2 Kamar Minimalis

desain minimalis rumah minimalis modern

Sebagai tambahan inspirasi, Anda bisa melihat desain rumah yang satu ini. Di dalamnya sudah terdapat dapur, ruang makan, kamar tidur hingga kamar mandi. Sebagai tambahan juga terdapat sedikit ruang terbuka yang diletakkan di belakang rumah.

Baca juga: Renovasi Rumah Minimalis dan Biayanya

Tips Bangun Rumah Minimalis

Untuk mewujudkan desain rumah minimalis, Anda harus mengetahui dan memahami beberapa poin. Salah satunya adalah memahami ciri khas rumah ini, yaitu biasanya dimunculkan dengan sentuhan yang sederhana.

Misalnya tampilan yang polos, tanpa ornamen atau memakai maksimal dua kombinasi material. Selain itu ada sejumlah hal lain yang juga tak kalah penting. Berikut tips yang bisa Anda simak.

Denah Sesuai Fungsi

Untuk menghadirkan kesan minimalis modern, bangun denah yang sesuai dengan fungsi tanpa banyak ornamen tambahan. Usahakan untuk memaksimalkan area yang ada sesuai dengan kebutuhan Anda sekeluarga.

Ke depannya Anda bisa saja merenovasi rumah yang awalnya hanya satu lantai menjadi dua lantai. Yang perlu diperhatikan adalah layout bangunan yang memungkinkan untuk dibangun dua lantai. Anda bisa berkonsultasi dengan arsitek atau desainer rumah mengenai hal tersebut.

Taman

Sebagai pemanis Anda bisa menambahkan taman dengan konsep minimalis. Anda bisa mempertimbangkan untuk memilih taman kering ataupun taman basah, tinggal sesuaikan mana yang lebih disukai. Taman basah cocok untuk pemilik yang suka berkebun. Sedangkan jika tidak ingin repot maka bisa memilih taman kering.

Taman kering biasanya mengganti rumput dengan kerikil agar mudah perawatannya lantaran cukup menyiram tanaman di pot. Taman kering juga cocok untuk area yang kurang mendapat sinar matahari

Dekorasi Sederhana

Karena bertema minimalis, maka dekorasi rumah juga harus simpel. Hindari meletakkan banyak furnitur. Intinya adalah tidak banyak meletakkan furnitur dan detail lain, serta fokus pada pemilihan warna yang natural maupun pastel.

Material Ramah Lingkungan

Usahakan untuk tidak memilih warna atau material lebih dari dua kombinasi. Misalnya jika warna putih saja tidak cukup, Anda bisa menambahkan material kayu atau dinding batu alam dengan motif sederhana sebagai aksen. Sebagai gambaran, material yang biasa dipakai pada rumah minimalis adalah kayu, batu bata, beton ekspos dan besi.

pencahayaan rumah minimalis

Pencahayaan Alami

Pencahayaan di dalam rumah minimalis juga tak boleh diabaikan. Perhatikan sumber cahaya alami maupun buatan supaya rumah terkesan nyaman dan santai. Anda bisa memilih jendela yang bisa dibuka sehingga membuat sirkulasi udara lebih baik.

Pemasangan jendela berukuran besar yang membentang tinggi juga bisa membuat cahaya dan udara yang masuk lebih maksimal. Akan tetapi peletakan jendela juga perlu dicermati. Disarankan untuk memposisikannya di sisi timur atau selatan.

Matahari pagi bisa membawa suasana hangat ke dalam ruangan. Sedangkan cahaya matahari saat siang hari bisa menjadi pencahayaan alami. Lalu untuk sore hari kita akan merasakan sejuknya udara yang masuk ke dalam ruangan.

Perabotan Multifungsi

Karena tidak boleh ada banyak perabotan, Anda bisa mempertimbangkan untuk meletakkan perabotan dengan fungsi ganda. Contohnya memilih meja kopi yang juga bisa berfungsi sebagai tempat penyimpanan. Atau tempat tidur yang juga dilengkapi dengan laci penyimpanan di bawahnya.

Pemilihan Lantai

Memilih lantai untuk rumah minimalis sebenarnya bisa dari material apa saja. Akan tetapi yang perlu diperhatikan adalah pemilihan warna. Akan lebih baik jika memilih warna pucat, netral atau warna yang seragam.

Leave a Comment