Sekat Pembatas Ruangan Model Minimalis

Sekat Ruangan Minimalis – Sebagai pembatas, kita bisa saja memanfaatkan tembok. Akan tetapi dalam beberapa kasus menggunakan pembatas ruangan menjadi pilihan yang tepat. Bukan tanpa alasan, menggunakan pembatas ruangan akan memperkuat kesan lebih menyatu. Selain itu sekat ruangan juga menciptakan suasana lebih luas.

Maka dari itu tak mengherankan bila banyak pemilik rumah yang memanfaatkan partisi ruangan di dalam rumahnya. Baik untuk membatasi area ruang tamu dengan ruang keluarga, dapur dengan ruang makan dan lain sebagainya. Seiring dengan berjalannya waktu, desain partisi ruangan semakin beragam. Bahkan Anda juga bisa membuatnya sendiri dari bahan seadanya. Jika Anda juga tertarik, kami memiliki beberapa referensi yang patut Anda pertimbangkan.

Macam-Macam Pembatas Ruangan Minimalis

Partisi Ruangan Bambu

pembatas ruangan sederhana

Jika ingin menghadirkan suasana alami, partisi ruangan dari bambu bisa menarik untuk dicoba. Anda bisa menyusun bambu sekreatif mungkin. Bisa dengan menyusun batang bambu secara rapi atau acak dengan diameter dan kemiringan yang berbeda-beda. Tinggal sesuaikan mana yang lebih disukai.

Pembatas Ruangan dari Dahan Pohon

penyekat ruangan minimalis

Selain bambu, dahan pohon juga bisa dimanfaatkan sebagai pembatas ruangan. Anda bisa menyusunnya pada pot tanaman panjang untuk menyuguhkan privasi yang lebih baik. Anda bisa menempatkannya di sofa atau bagian lainnya.

Juga bisa memanfaatkan dahan pohon yang lebih besar dan menatanya lebih longgar untuk menghadirkan kesan yang lebih natural. Selain itu bisa juga menambahkan lampu di bagian bawah supaya lebih cantik.

Partisi Ruangan dari Pipa Paralon

penyekat ruangan simpel

Partisi ruangan juga bisa dibuat dari bahan yang tak terduga sebelumnya, seperti pipa paralon. potongan pipa paralon bisa dikreasikan menjadi pembatas ruangan. Untuk sekat yang rapat, bisa memakai potongan pipa paralon dengan diameter yang kecil. Sedangkan potongan pipa paralon berdiameter besar bisa dipakai untuk sekat ruangan yang lebih terbuka, seperti kamar mandi.

Baca juga: Model Desain Kamar Tidur Minimalis

Pembatas Ruangan Boks Kayu

pembatas ruangan sederhana

Boks kayu juga bisa disusun menjadi partisi ruangan sekaligus lemari atau kabinet. Tinggal sesuaikan warna boks kayu dengan interior ruangan. Misalnya jika ruangan bernuansa natural Anda bisa membiarkan boks kayu dengan tekstur aslinya. Di samping itu Anda juga bisa memanfaatkannya untuk memajang berbagai dekorasi atau foto.

Pembatas Ruangan dari Tanaman Gantung

sekat ruangan minimalis

Hadirnya taman vertikal atau tanaman gantung bisa membuat kesan natural terasa kental. Suasana segar juga akan menyapa Anda setiap saat. Untuk membuatnya Anda bisa memanfaatkan pipa atau tambang untuk menahan pot.

Sekat Ruang dari Papan Kayu

sekat ruangan kayu

Dengan dana terbatas, sekat ruang bisa dibuat dari papan kayu yang tak terpakai. Anda tinggal menyusunnya zig-zag dan menyambungkannya dengan engsel. Sebagai pemanis, Anda bisa memajang hiasan dinding, poster, foto keluarga dan lain sebagainya.

Sekat Ruangan dengan Tirai

sekat ruangan simpel

Memanfaatkan tirai dan gorden sebagai sekat ruangan juga bisa Anda lakukan. Anda tinggal memadukan warna dan lapisan atau layering tirai. Mulai dari warna tirai, tirai transparan hingga tirai berpola. Sehingga tampilan ruangan akan menarik sekaligus terlihat luas.

Jendela Bekas sebagai Pembatas Ruangan

pembatas ruangan kaca

Jendela bekas juga bisa dikreasikan sebagai pembatas ruangan. Dengan memanfaatkan jendela bekas, kesan terbuka tetap terjaga, namun tetap memberikan batas dari fungsi setiap ruangan. Tidak hanya itu, Anda bisa menyesuaikan warna bingkai jendela untuk mempermanis tampilannya.

Pembatas Ruang dari Foto Keluarga

pembatas ruangan kreatif

Jika Anda memiliki banyak foto keluarga atau foto-foto lainnya, Anda bisa menyusunnya dengan bingkai-bingkai sehingga menjadi sebuah partisi ruangan. Bingkai foto bisa disatukan dengan rangka besi atau kayu. Supaya terlihat senada sesuaikan warna masing-masing foto.

Sekat Ruangan dari Rangka Kayu

partisi ruangan kayu

Memanfaatkan papan kayu sederhana juga bisa menjadi alternatif yang menarik. Anda bisa merangkainya menjadi rangka lalu membuatnya sebagai sekat ruangan. Walaupun terkesan lebih terbuka dan sederhana. Sekat ini bisa menjadi pilihan untuk ruangan yang berada di area publik. Anda bisa mempermanisnya dengan tanaman hijau di dalam vas.

Pembatas Ruangan dengan Aksen Dekoratif

pembatas ruangan modern

Masih dari material kayu, Anda bisa mengkreasikannya sedemikian rupa sehingga terlihat unik. Seperti pembatas ruangan ini yang terdiri dari beberapa kolom persegi yang di dalamnya terdapat segitiga dari kayu berwarna coklat tua yang menutupi separuh bagian, dan disusun tak beraturan.

Pembatas Ruangan Roster

partisi ruangan unik

Pembatas ruangan bisa dibuat dari roster. Kesan unik tentu saja muncul dari pembatas ruangan ini. Pada contoh di atas terlihat ada perpaduan pelat besi dan keramik. Serta ada permainan tekstur di kedua ruangan supaya semakin menarik.

Partisi Ruangan dari Sliding Glass

partisi ruangan minimalis

Kesan minimalis bisa diperoleh dari sliding glass yang difungsikan sebagai partisi ruangan. Tidak hanya itu, sliding glass juga membuat Anda memiliki privasi penuh. Anda tinggal memilih material dan desain penyekat ruangan yang sesuai dengan konsep interior rumah Anda.

Baca juga: Warna Cat Dinding Kamar Tidur

Setelah itu ruangan dibatasi dengan material kaca yang tidak terlalu tembus pandang. Lalu untuk desainnya bisa dibuat seperti pintu geser yang bisa dibuka tutup sewaktu-waktu.

Memanfaatkan Furnitur Sebagai Partisi Ruangan

penyekat ruangan

Salah satu cara termurah untuk membuat penyekat ruangan adalah dengan memanfaatkan furnitur yang ada. Misalnya lemari terbuka atau meja bar. Anda bisa meletakkannya di tengah untuk membelah dua area yang berbeda. Tentu saja Anda harus memperhatikan penataan, luas dan bentuk ruangan supaya tetap rapi.

Penyekat Ruangan Portabel

partisi ruangan

Jika ingin mendapatkan penyekat yang fleksibel, Anda bisa memilih penyekat ruangan portabel. Desainnya terbilang ramping sehingga Anda bisa membuat area baru di salah satu bagian ruangan Anda. Tidak hanya itu, partisi ruangan ini juga bisa dilipat dan disimpan sehingga lebih hemat tempat dan praktis.

Pembatas Ruangan Kisi-Kisi Kayu

pembatas ruangan

Pembatas ruangan bisa Anda buat dari kisi-kisi kayu. Kesan minimalis dan rapi terlihat pada pembatas ruangan ini, tanpa kehilangan fungsinya sebagai penyekat ruangan. Anda juga bisa memanfaatkan pembatas ruangan sebagai panel TV atau rak. Anda juga bisa memberikan sentuhan modern dengan memanfaatkan material besi.

Partisi Ruangan Triplek

sekat ruangan

Partisi ruangan juga bisa dibuat dari triplek daur ulang. Mungkin terdengar aneh, namun setelah melihat referensi desain partisi ini ternyata tidak kalah menarik dengan jenis pembatas ruangan lainnya. Salah satu kelebihannya adalah material yang sederhana dan mudah didapatkan. Anda tinggal mengikatnya dengan tali atau kawat. Jika ingin terlihat lebih kontras, Anda bisa mewarnainya.

Harga Pembatas Ruangan

Gypsum Jaya board 9mm Rangka Baja Ringan tebal 0.65mm

1. Harga /m2 Partisi 1 rangka 1 sisi Rp.140.000
2. Partisi 1 rangka 2 sisi Rp. 170.000

Gypsum Elephan board 9 mm Rangka Baja Ringan tebal 0.65mm Harga /m2

1. Partisi 1 rangka 1 sisi Rp.135.000
2. Partisi 1 rangka 2 sisi Rp. 165.000

Gypsum Aplus/indal 9 mm Ranka baja Ringan tebal 0.65mm Harga /m2

1. Partisi 1 rangka 1 sisi Rp.130.000
2. Partisi 1 rangka 2 sisi Rp.155.000

Gypsum Jaya board 9 mm Rangka Metal Stut tebal 0.4mm Harga /m2

1. Partisi 1 rangka 1 sisi Rp.135.000
2. Partisi 1 rangka 2 sisi Rp.165.000

Gypsum Elephan board 9mm Rangka Metal Stut tebal 0.4mm Harga /m2

1. Partisi 1 rangka 1 sisi Rp.130.000
2. Partisi 1 rangka 2 sisi Rp.160.000

Gypsum Aplus 9 mm Ranka Metal Stut tebal 0.4mm Harga /m2

1.Partisi 1 rangka 1 sisi Rp.125.000
2.Partisi 1 rangka 2 sisi Rp.150.000

Harga Pasang Partisi Rangka Hollow Gypsum 0.3mm:

Gypsum Jaya board 9 mm Hollow Meni/biasa tebal 0.3mm Harga /m2

1.Partisi 1 rangka 1 sisi Rp.80.000

2.Partisi 1 rangka 2 sisi Rp.130.000

3.Partisi 2 rangka 2 sisi Rp.160.00

Gypsum jaya board Hollow Galvaniz tebal 0.3mm Harga /m2

1.Partisi 1 rangka 1 sisi Rp.85.000
2.Partisi 1 rangka 2 sisi Rp.145.000
3.Partisi 2 rangka 2 sisi Rp.170.000

Gypsum jaya board Hollow Galvalumz tebal 0.3mm Harga /m2

1.Partisi 1 rangka 1 sisi Rp.90.000
2.Partisi 1 rangka 2 sisi Rp.150.000
3.Partisi 2 rangka 2 sisi Rp.175.000

Gypsum Jaya board 9 mm Hollow Meni/biasa tebal 0.35mm Harga /m2

1.Partisi 1 rangka 1 sisi Rp.90.000
2.Partisi 1 rangka 2 sisi Rp.150.000
3.Partisi 2 rangka 2 sisi Rp.180.000

Gypsum jaya board 9 mm Hollow Galvaniz tebal 0.35mm Harga /m2

1.Partisi 1 rangka 1 sisi Rp 95.000
2.Partisi 1 rangka 2 sisi Rp.145.000
3.Partisi 2 rangka 2 sisi Rp.185.000

Gypsum jaya board 9 mm Hollow Galvalumz tebal 0.35mm Harga /m2

1.Partisi 1 rangka 1 sisi Rp.100.000
2.Partisi 1 rangka 2 sisi Rp.150.000
3.Partisi 2 rangka 2 sisi Rp.190.000

Keterangan:

Yang di maksud dengan partisi 1 rangka 1 sisi adalah pembuatan partisi penyekat ruangan dengan menggunakan satu rangka/singgle rangka, hingga tampak depan atau tampak belakang dan salah satunya akan terlihat jelas rangka besinya. Hal tersebut dikarenakan penutup gypsumnya hanya digunakan pada satu sisi. Hubungi kami di Hp/WA 082220700576 untuk informasi lebih detail.

Itulah referensi sekat pembatas ruangan minimalis yang bisa kami sampaikan untuk Anda. Selain desain di atas tentu saja Anda bisa mendapatkan model lain yang juga tak kalah menarik. Selain itu Anda juga bisa berkreasi sendiri sesuai dengan keinginan.

Masing-masing partisi ruangan tentu saja memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Begitu juga dengan kelebihan dan kekurangannya. Yang tak kalah penting adalah perhatian Anda terhadap pemilihan jenis dan desain partisi ruangan supaya tetap tampil serasi dengan ruangan di dalam rumah Anda.

Leave a Comment