Pintu Kamar Mandi PVC, Aluminium, Plastik

Pintu Kamar Mandi – Mempunyai rumah adalah impian bagi banyak orang, terlebih jika rumah tersebut menjadi tempat tinggal yang nyaman untuk beraktivitas setiap hari. Menghadirkan suasana yang nyaman pada rumah bukanlah hal yang rumit. Kita hanya perlu mempertimbangkan beberapa aspek di beberapa ruangan. Misalnya pada kamar mandi.

Ketika ingin membangun rumah atau merenovasi kamar mandi, kita perlu menentukan seberapa besar kamar mandi tersebut, bagaimana peletakan wastafel, keran, bak mandi, shower dan peralatan mandi lainnya. Dan yang tak kalah penting adalah menyesuaikan pintu kamar mandi.

Mungkin ini menjadi bagian yang sering diabaikan. Umumnya orang akan memilih pintu yang standar, murah harganya dan cocok dengan kamar mandi di rumah. Pemilihan pintu kamar mandi sebenarnya tidak boleh sembarangan. Terlebih kamar mandi menjadi ruangan yang sering diakses dan dibuka tutup pintunya.

pintu kamar mandi

Di sisi lain kamar mandi juga sering lembap dan basah sehingga memilih pintu yang tepat menjadi sebuah keharusan. Ada beberapa jenis pintu kamar mandi yang bisa dipilih. Merek yang menawarkan pintu kamar mandi juga cukup beragam.

Jika berbicara soal jenis dan merek, maka angan kita akan langsung menyinggung soal harga. Wajar saja, sebab harga menjadi salah satu faktor penting yang tak boleh dilupakan. Memilih pintu kamar mandi perlu disesuaikan dengan budget sehingga tidak membebani Anda. Lantas bagaimana jika tidak tahu persis harga pintu kamar mandi di pasaran?

Baca juga: Model Kamar Mandi Minimalis

Tenang saja, kami mempunyai daftar harga yang bisa Anda simak. Silakan lihat daftar di bawah ini.

Daftar Harga Pintu Kamar Mandi

Tipe Pintu Kamar Mandi Aluminium Harga
Pintu Aluminium YKK (Kusen)
Pintu alumunium YKK kusen 4 inci Rp 200.000 per m1
Pintu alumunium YKK kusen 3 inci Rp 150.000 per m1
Pintu Spandrell YKK Rp 3.500.000 per unit
Pintu Aluminium YKK Rp 3.000.000 per unit
Pintu Aluminium + Kaca Terpasang
Pintu aluminium + kaca tebal 5 mm polos Rp 115.000 per m2
Pintu aluminium + kaca tebal 6 mm riben Rp 125.000 per m2
Pintu aluminium + kaca tebal 8 mm tempered glass Rp 800.000 per m2
Pintu aluminium + kaca tebal 10 mm tempered glass Rp 900.000 per m2
Pintu aluminium + kaca tebal 12 mm tempered glass Rp 1.050.000 per m2
Pintu aluminium + kaca cermin tebal 5 mm Rp 400.000 per m2
Pintu aluminium + kaca 12 mm polos Rp 850.000 per m2
Pintu Aluminium Alexindo (Kusen)
Pintu aluminium Alexindo kusen 3 inci Rp 95.000 per m1
Pintu aluminium Alexindo kusen 4 inci Rp 155.000 per m1
Pintu Aluminium Geser (Kusen)
Pintu aluminium geser kusen 0,8 mm Rp 350.000 per m2
Pintu aluminium geser kusen 1 mm Rp 400.000 per m2
Pintu Aluminium Lipat (Kusen)
Pintu aluminium lipat kusen 0,5 mm Rp 400.000 per m2
Pintu aluminium lipat kusen 0,8 mm Rp 550.000 per m2

Jenis Pintu Kamar Mandi

pintu toilet

Di pasaran ada beberapa jenis pintu kamar mandi yang dapat Anda pilih. Masing-masing mempunyai karakteristik yang berbeda sehingga penting untuk diketahui sebelum memutuskan untuk membeli. Berikut adalah beberapa macam pintu kamar mandi.

Pintu Kamar Mandi Kayu

Kayu merupakan material yang sering dipakai dalam dunia konstruksi. Anda juga tidak akan kesulitan saat mencari pintu kamar mandi berbahan kayu. Hanya saja kekurangan besar dari material ini adalah rentan terhadap cipratan air dan kelembapan. Jika terkena air dalam jangka panjang kayu bisa menjadi lapuk dan hancur.

Kerusakan pintu kayu biasanya bermula dari bagian bawah karena area ini menjadi yang paling sering terkena air. Kendati demikian Anda tetap bisa menjadikan pintu kayu sebagai pintu kamar mandi. Dengan catatan kamar mandi Anda cukup luas sehingga kecil kemungkinan pintu terkena cipratan air. Di samping itu Anda juga bisa melapisi pintu kayu dengan bahan tahan air seperti fiber, akrilik, atau aluminium.

pintu kaca

Baca juga: Harga Keramik Kamar Mandi

Pintu Kamar Mandi Aluminium

Selain kayu, juga ada pintu kamar mandi yang terbuat dari aluminium. Kelebihan pintu ini terletak pada daya tahan yang lebih baik terhadap air. Pintu aluminium juga lebih ringan sehingga mudah untuk diangkut. Selain itu aluminium juga tahan korosi sehingga bisa menjadi pilihan yang tepat untuk pintu kamar mandi.

Hanya saja salah satu kekurangan pintu ini adalah munculnya suara yang mengganggu seiring dengan pemakaian jangka panjang. Selain itu tingkat akurasi pintu aluminium juga mudah berubah lantaran engsel atau rivet yang lepas atau kendur. Pintu aluminium juga mudah tergores dan lebih ringkih.

Pintu Kamar Mandi Vinyl (PVC)

Vinyl merupakan bahan yang mirip dengan plastik atau PVC. Bahan ini pada dasarnya tahan air dan anti korosi, sama seperti aluminium. Pintu kamar mandi PVC mempunyai daun pintu yang menyatu dengan kusen.

Kelebihan pintu kamar mandi vinyl adalah tidak adanya suara berisik seperti pintu aluminium. Di samping itu permukaan pintu PVC dapat dilapisi dengan material lain sebagai pemanis. Harga pintu PVC juga lebih terjangkau dan mudah dirawat.

pintu pvc

Pintu Kamar Mandi uPVC

Unplasticized Poly Vinyl Chloride (uPVC) adalah material turunan plastik yang sifat plastiknya diminimalisir. Sehingga material ini mempunyai bentuk yang lebih kuat, keras dan kokoh. Sehingga pintu ini akan lebih kuat, tahan cuaca dan tidak mengalami pemuaian. Tidak seperti pintu PVC yang mudah pecah.

Selain itu pintu kamar mandi uPVC tidak menghantarkan panas dan bisa mengurangi suara hingga 40 dB.

Di atas adalah beberapa jenis pintu kamar mandi yang bisa Anda pilih. Mana yang terbaik tentu kembali ke selera masing-masing konsumen. Jika mencari yang murah Anda bisa memilih pintu kamar mandi PVC.

Sedangkan jika ingin pintu dengan tampilan yang lebih menarik bisa memilih pintu kamar mandi kayu, namun Anda perlu memperhatikan luas kamar mandi dan memastikan pintu tidak akan terkena air.

Jika memilih pintu kamar mandi aluminium, banderol harganya mulai Rp 100 ribuan ke atas. Pintu ini bisa dipadukan dengan material lain seperti kaca buram untuk mempermanis tampilannya. Atau Anda bisa memilih model geser supaya terlihat lebih unik.

Tips Memilih Pintu Kamar Mandi

Ada beberapa tips yang dapat Anda perhatikan ketika ingin membeli pintu kamar mandi. Berikut adalah tips-tips yang bisa Anda simak.

pintu minimalis

Memilih Material yang Tepat

Pemilihan material perlu Anda cermati. Jika tertarik memilih kayu, Anda harus mengetahui beberapa kekurangannya. Pintu kamar mandi kayu dapat mengembang dan melengkung seiring waktu lantaran kelembapan kamar mandi yang tinggi. Jika tak mau pusing akan hal itu Anda bisa memilih pintu berbahan metal atau fiberglass.

Memperhatikan Arah Menutup Pintu

Anda juga perlu menentukan arah menutup pintu yang pas. Sebab hal tersebut mempengaruhi pemasangan kusen, engsel dan gagang pintu. Pastikan arah tutup pintu tidak menutupi posisi kabinet dan benda lainnya di dalam kamar mandi. Selain itu pemasangan pintu kamar mandi juga tidak boleh menutupi cermin atau jendela.

Memilih Pintu Kamar Mandi Satu Set

Disarankan untuk memilih pre-hung unit sehingga akan memudahkan Anda dalam proses instalasi pintu di kamar mandi. Unit ini terbuat dari pintu yang sudah terpasang pada kusen sehingga menjadi satu set. Jika Anda memiliki rencana untuk melakukan perubahan atau renovasi nantinya, akan lebih baik jika tidak memilih pre-hung unit dan jenis yang reguler saja.

Membandingkan Pilihan Desain Pintu

Ada begitu banyak pilihan pintu kamar mandi yang bisa kita beli. Mulai dari yang polos hingga yang mempunyai panel. Tak perlu terburu-buru dalam menentukan pilihan, sebab ada banyak sekali desain yang bisa Anda pertimbangkan. Perhatikan dengan baik mana yang paling pas untuk kamar mandi Anda.

Memilih Finishing

Ada jenis pintu yang dijual dan sudah dipoles sebelumnya. Selain itu juga ada pintu kamar mandi yang belum dipoles. Jika membeli pintu kamar mandi yang sudah dicat, Anda biasanya akan mendapatkan garansi yang lebih panjang.

Kecuali untuk pintu kamar mandi fiberglass. Material plastik biasanya sudah dibuat sedemikian rupa sehingga tidak memerlukan finishing.

Leave a Comment