Contoh Desain Pintu Rumah Minimalis

Desain Pintu Rumah Minimalis – Banyak faktor yang menentukan keindahan dari suatu rumah. Salah satunya adalah pintu rumah. Walaupun memiliki fungsi sebagai akses untuk keluar dan masuk rumah atau suatu ruangan, kehadiran pintu juga bisa memberikan aksen yang menarik.

Tentu saja ada syarat agar hal tersebut bisa terwujud. Yakni dengan memperhatikan bagaimana desain pintu rumah tersebut dan seberapa serasi tampilannya dengan eksterior atau interior rumah. Memilih desain pintu adalah perkara yang mudah, namun memilih pintu yang cocok dengan konsep rumah kita baru menyimpan tantangan tersendiri.

Jika rumah Anda mengusung konsep minimalis, maka Anda bisa memilih pintu rumah minimalis. Tujuannya supaya pintu dan eksterior maupun interior rumah terlihat senada. Lantas seperti apa pintu rumah yang minimalis?

pintu lipat

Pada kesempatan ini kami hargabahanmaterial akan memberikan referensi desain pintu rumah minimalis. Sehingga Anda bisa mempunyai gambaran atau inspirasi jika ingin membeli atau memesan pintu rumah yang minimalis. Akan tetapi sebelumnya kita bahas model-model pintu rumah dan ukuran pintu yang lazim dipakai.

Baca juga: Harga Engsel Pintu Kaca, Aluminium, Kayu

Model Pintu Rumah Utama

Khusus untuk pintu utama rumah, model yang bisa kita beli lebih beragam dibandingkan dengan pintu lain di dalam rumah. Modelnya bisa bermacam-macam berdasarkan tipe bukaan, bentuk dan sistem bukaan yang dipakai.

Menurut tipe bukaannya, ada setidaknya tiga jenis pintu yang biasa dipakai pada rumah-rumah di Indonesia. Yakni bukaan tunggal, bukaan ganda dan bukaan majemuk.

Sedangkan menurut bentuknya, ada dua macam yang sangat umum. Yakni bentuk persegi dan gabungan antara persegi dan kurva. Lalu jika dilihat dari sistem bukaan ada jenis pintu ayun, pintu geser dan pintu lipat.

Ukuran Pintu Utama

Ukuran pintu utama rumah harus disesuaikan dengan lebar bukaan maupun ketinggian bukaan yang diperlukan. Dengan begitu pintu akan mudah dan nyaman untuk digunakan. Berikut adalah kisaran ukuran daun pintu yang sering dipakai:

  • Tinggi daun pintu: 195 – 300 cm
  • Lebar daun pintu: 80 – 100 cm
  • Tebal daun pintu: 3,5 – 4 cm

Sedangkan untuk bagian kusen pintu, inilah ukuran ideal yang sering digunakan:

  • Lebar kayu kusen: 11 cm, 13,5 cm, atau 15 cm
  • Tebal kusen: 4 cm, 5 cm, atau 7 cm
  • Tinggi kusen: Disesuaikan dengan tinggi daun pintu

Pintu Minimalis dan Klasik dengan Warna Kuning

pintu rumah klasik

Kebanyakan orang memilih warna yang netral untuk pintu rumah. Akan tetapi terkadang hal itu terlihat membosankan dan monoton. Maka dari itu ANda bisa memilih warna yang mencolok supaya pintu rumah terlihat menonjol. Sehingga pintu akan menjadi daya tarik utama ketika ada tamu yang datang berkunjung.

Pintu Rumah Industrial

pintu rumah industrial

Leave a Comment