Contoh Desain Pintu Rumah Minimalis

Desain Pintu Rumah Minimalis – Banyak faktor yang menentukan keindahan dari suatu rumah. Salah satunya adalah pintu rumah. Walaupun memiliki fungsi sebagai akses untuk keluar dan masuk rumah atau suatu ruangan, kehadiran pintu juga bisa memberikan aksen yang menarik.

Tentu saja ada syarat agar hal tersebut bisa terwujud. Yakni dengan memperhatikan bagaimana desain pintu rumah tersebut dan seberapa serasi tampilannya dengan eksterior atau interior rumah. Memilih desain pintu adalah perkara yang mudah, namun memilih pintu yang cocok dengan konsep rumah kita baru menyimpan tantangan tersendiri.

Jika rumah Anda mengusung konsep minimalis, maka Anda bisa memilih pintu rumah minimalis. Tujuannya supaya pintu dan eksterior maupun interior rumah terlihat senada. Lantas seperti apa pintu rumah yang minimalis?

pintu lipat

Pada kesempatan ini kami hargabahanmaterial akan memberikan referensi desain pintu rumah minimalis. Sehingga Anda bisa mempunyai gambaran atau inspirasi jika ingin membeli atau memesan pintu rumah yang minimalis. Akan tetapi sebelumnya kita bahas model-model pintu rumah dan ukuran pintu yang lazim dipakai.

Baca juga: Harga Engsel Pintu Kaca, Aluminium, Kayu

Model Pintu Rumah Utama

Khusus untuk pintu utama rumah, model yang bisa kita beli lebih beragam dibandingkan dengan pintu lain di dalam rumah. Modelnya bisa bermacam-macam berdasarkan tipe bukaan, bentuk dan sistem bukaan yang dipakai.

Menurut tipe bukaannya, ada setidaknya tiga jenis pintu yang biasa dipakai pada rumah-rumah di Indonesia. Yakni bukaan tunggal, bukaan ganda dan bukaan majemuk.

Sedangkan menurut bentuknya, ada dua macam yang sangat umum. Yakni bentuk persegi dan gabungan antara persegi dan kurva. Lalu jika dilihat dari sistem bukaan ada jenis pintu ayun, pintu geser dan pintu lipat.

Ukuran Pintu Utama

Ukuran pintu utama rumah harus disesuaikan dengan lebar bukaan maupun ketinggian bukaan yang diperlukan. Dengan begitu pintu akan mudah dan nyaman untuk digunakan. Berikut adalah kisaran ukuran daun pintu yang sering dipakai:

  • Tinggi daun pintu: 195 – 300 cm
  • Lebar daun pintu: 80 – 100 cm
  • Tebal daun pintu: 3,5 – 4 cm

Sedangkan untuk bagian kusen pintu, inilah ukuran ideal yang sering digunakan:

  • Lebar kayu kusen: 11 cm, 13,5 cm, atau 15 cm
  • Tebal kusen: 4 cm, 5 cm, atau 7 cm
  • Tinggi kusen: Disesuaikan dengan tinggi daun pintu

Pintu Minimalis dan Klasik dengan Warna Kuning

pintu rumah klasik

Kebanyakan orang memilih warna yang netral untuk pintu rumah. Akan tetapi terkadang hal itu terlihat membosankan dan monoton. Maka dari itu ANda bisa memilih warna yang mencolok supaya pintu rumah terlihat menonjol. Sehingga pintu akan menjadi daya tarik utama ketika ada tamu yang datang berkunjung.

Pintu Rumah Industrial

pintu rumah industrial

Rumah dengan sentuhan industrial modern banyak diminati oleh masyarakat. Untuk itu sebagai pelengkap bisa dengan memilih model pintu Perancis yang mempunyai banyak kotak kaca. Dengan warna hitam yang dominan, kesan industrial akan terasa lebih kental.

Anda bisa memakai pintu rumah dari material kayu yang diberi finishing clear natural untuk menonjolkan karakter khas kayu. Untuk pintu rumah kayu dengan warna natural bisa memakai knop pintu atau ketukan berwarna gelap.

Pintu Rumah Pink

pintu rumah minimalis

Khusus untuk pemilik rumah wanita yang suka dengan warna feminim, Anda bisa memberikan sentuhan warna pink pada pintu rumah. Hal ini akan membuat pintu rumah terlihat mencolok dan unik. Sangat cocok jika diaplikasikan pada rumah bergaya modern. Supaya terlihat selaras, Anda bisa memilih warna netral untuk dinding dan lantai di sekitar pintu.

Pintu Kayu Sederhana

pintu kayu minimalis

Desain pintu kayu bisa terlihat menarik seperti gambar di atas. Dengan sentuhan minimalis, pintu kayu ini tampak natural dengan sentuhan cat alami. Kelebihan pintu ini adalah peletakannya yang bisa di mana saja. Baik di luar maupun di dalam ruangan.

Tidak hanya itu, pintu rumah dari kayu juga memiliki kemampuan untuk mengisolasi hawa dingin dan panas. Pintu kayu juga sanggup meminimalisir kebisingan. Sehingga cocok untuk rumah di tengah perkotaan.

Pintu Kombinasi Aluminium dan Kayu

inspirasi pintu rumah

Anda bisa memanfaatkan aluminium dan kayu untuk membuat pintu. Seperti yang diketahui, bahan aluminium tahan lama, ringan dan terjangkau harganya. Untuk desainnya Anda bisa berkreasi sesuka hati. Sebagai inspirasi Anda bisa melihat gambar di atas.

Walaupun terkesan simpel, tampilan pintu kombinasi aluminium dan kayu ini tetap memiliki kesan yang menarik. Apalagi jika diaplikasikan sebagai pintu utama rumah.

Pintu dengan Engsel

desain pintu minimalis

Pintu dengan engsel yang sistem buka tutupnya didorong atau ditarik ini dapat dengan mudah kita temui pada rumah bergaya minimalis. Selain sebagai pintu utama, jenis pintu ini juga biasa dipakai sebagai penghubung suatu ruangan dengan ruangan lain.

Untuk memasang pintu ini kita perlu membuat kusen pintu yang sesuai, lalu menempelkan engsel, baru meletakkan pintunya. Bentuk yang sederhana membuat pintu ini cocok untuk rumah berbagai ukuran, termasuk rumah mungil. Pintu dengan engsel ini bisa diaplikasikan sebagai pintu depan dan belakang rumah, pintu kamar, pintu ruangan lain atau pintu kamar mandi.

Pintu Geser Sederhana

pintu geser

Pintu geser dengan sentuhan minimalis juga menarik untuk dicoba. Pintu ini bisa membuat sebuah area tampil dengan bukaan lebar. Misalnya seperti pada kamar tidur utama atau lemari. Sesuai dengan namanya, pengoperasian pintu ini adalah dengan menggesernya ketika ingin membuka ataupun menutup.

Oleh karenanya pintu ini dilengkapi dengan jalur rolling yang biasanya diletakkan di bagian atas. Hanya saja karena berpotensi macet, Anda perlu mengoleskan minyak secara berkala di bagian tersebut.

Pintu Pocket

pintu geser minimalis

Pintu pocket mempunyai sistem kerja yang mirip dengan pintu geser di atas. Yang membedakan adalah desain pintunya. Pintu pocket memiliki trek rolling yang berada di dalam dinding.

Pintu ini juga terlihat tersembunyi seakan-akan masuk ke dalam dinding saat digeser ke dalam. Oleh karenanya pintu ini disebut dengan istilah pocket door. Anda bisa memilih pintu pocket model single ataupun double door. Di samping itu pintu ini bisa diaplikasikan di kamar mandi, dapur ataupun ruang makan.

Pintu Lipat Dobel

pintu lipat

Pintu lipat dobel atau bi fold door dibuka dengan cara digeser dan dilipat hingga menempel satu sama lain. Pada tiap lipatan pintu ini terdapat engsel, dan di bagian atas maupun bawah terdapat slot khusus untuk membuatnya tidak bergerak sesudah dilipat.

Pintu lipat dengan desain minimalis ini biasanya mempunyai ukuran yang besar. Sehingga juga bisa berfungsi sebagai jendela. Pintu ini cocok digunakan di area keluarga atau ruang makan.

Baca juga: Harga Kusen Kayu Pintu Dan Jendela

Pintu Pivot Minimalis

pintu pivot

Pintu yang satu ini mempunyai desain yang unik. Tidak hanya bentuknya saja yang minimalis, pintu ini juga dibuka dengan cara diputar. Pintu pivot berputar pada dua buah poros yang berada di bagian tengah atas dan bawah.

Pintu pivot ini banyak diaplikasikan pada rumah bergaya minimalis di luar negeri. Tidak hanya sederhana karena tidak adanya handle di permukaan pintu, pintu ini juga bisa menghadirkan kesan unik di dalam rumah. Pintu pivot seperti ini cocok diaplikasikan pada rumah modern dan kontemporer.

Leave a Comment