Harga Pipa Besi Galvanis Berbagai Ukuran

Pipa Besi Galvanis – Material bangunan sangat beragam wujudnya. Maka dari itu sebagai orang yang berkecimpung di dunia konstruksi, wajib hukumnya untuk mengetahui masing-masing material bangunan beserta kegunaannya. Dengan begitu perencanaan pembangunan akan bisa dilakukan dengan mudah.

Dari sekian banyak bahan bangunan yang bisa kita jumpai di pasaran, ada pipa besi galvanis yang juga mempunyai peran tersendiri. Material ini memiliki beberapa macam dengan spesifikasi yang berbeda. Maka dari itu pemilihan pipa besi galvanis tidak boleh sembarangan. Harus disesuaikan dengan kebutuhan dan tujuan instalasi.

Selain mengetahui jenis, yang juga tak kalah penting untuk diketahui adalah harganya. Banderol harga juga menjadi salah satu informasi yang perlu diketahui ketika kita memutuskan untuk membeli pipa besi galvanis. Maka dari itu kami berikan daftar harga pipa besi galvanis di bawah ini supaya Anda tidak kesulitan untuk mengetahui kisaran harganya.

besi galvanis

Pengertian Pipa Galvanis dan Pembuatannya

pipa baja galvanis

Pipa baja galvanis adalah jenis pipa yang terbuat dari besi dan dilapisi pelindung yang terbuat dari bahan seng. Lapisan ini bertujuan untuk melindungi baja dari korosi. Sehingga pipa galvanis bisa dipakai dalam jangka waktu  yang panjang tanpa perlu takut korosi.

Pipa galvanis dibuat dari bahan baja karbon rendah dengan lapisan galvanis yang mengandung berbagai unsur. Unsur karbon yang terdapat pada pipa ini hanya sebesar 0,091% saja. Sangat rendah dibandingkan dengan unsur seng (Zn) yang mencapai 99,7%.

Proses pembuatan pipa ini membutuhkan bahan baja yang ditempatkan dalam wadah berisi lelehan seng layaknya mencelupkan ke dalam cairan. Proses ini disebut dengan istilah proses galvanisasi. Di samping meminimalisir risiko korosi, lapisan seng di bagian luar pipa juga bisa membuat usia tabung di dalamnya lebih panjang.

Baca juga: Tabel Berat Besi Semua Jenis

Akan tetapi perlu dicatat bahwa pipa galvanis ini disarankan untuk digunakan pada instalasi air dingin saja. Mengingat bahan pembuatannya yang terdiri dari seng. Tidak dianjurkan untuk menggunakannya sebagai saluran pipa air panas.

Tipe Pipa Galvanis

pipa besi galvanis

Pipa galvanis mempunyai ukuran yang beragam. Ketebalan dindingnya juga bervariasi, sehingga penggunaannya berbeda-beda. Biasanya panjang standar pipa galvanis mencapai 6 meter.

Berdasarkan bentuknya, pipa galvanis bisa dibagi menjadi beberapa macam. Ada yang bentuknya pipa biasa, tabung, plat lembaran, kotak, bentuk huruf U, H, C dan lain sebagainya. Perlu diketahui, saat ini pipa besi galvanis tipe standar dan sch 40 menjadi salah satu tipe yang paling banyak dipakai.

Perbedaan kedua tipe di atas terletak pada ketebalan konstruksi pipa. Untuk tipe sch 40 mempunyai ketebalan yang lebih tinggi. Oleh karenanya tipe ini sering digunakan untuk pembuluh pipa yang tolakannya tinggi.

Leave a Comment