Penjelasan Detail Pondasi Tiang Pancang

Detail Pondasi Tiang Pancang – Seperti yang sudah diketahui, dalam sebuah bangunan terdapat pondasi yang berfungsi sebagai penyangga dari bangunan tersebut. Dan pondasi bangunan ini terbagi menjadi beberapa macam. Setelah sebelumnya kami sudah membahas mengenai pondasi batu kali, pada kesempatan kali ini kami akan membahas detail pondasi tiang pancang.

Sudah kita pelajari bahwa pondasi menjadi salah satu bagian konstruksi bangunan yang memiliki peran penting, yakni untuk meningkatkan kekuatan dan ketahanan sebuah bangunan. Tiang pancang menjadi salah satu pondasi yang sering dipakai. Pondasi ini berperan meneruskan beban bangunan hingga bagian tanah keras yang letaknya jauh dari permukaan tanah.

Definisi Tiang Pancang

Tiang pancang adalah bagian dari pondasi yang bertugas menyalurkan beban dari konstruksi dan struktur bangunan ke dalam lapisan tanah terdalam yang terletak jauh di bawah permukaan. Dengan demikian bangunan menjadi lebih tahan lama dan kokoh.

tiang pancang adalah

Umumnya praktik pemancangan dilakukan dalam posisi tegak lurus ke dalam tanah. Akan tetapi selain itu juga ada teknik pemancangan miring seperti pada dermaga. Alasannya karea dipengaruhi oleh tekanan ke samping dari perahu ataupun kapal.

Tiang pancang untuk pondasi bangunan sendiri terbagi menjadi empat tipe. Antara lain tiang pancang kayu, beton, baja dan komposit. Berikut akan kami jelaskan satu per satu.

Tiang Pancang Kayu

Pondasi tiang pancang kayu banyak dipakai pada rumah panggung yang ada di daerah Kalimantan atau Sumatera. Selain itu jenis tiang pancang ini juga banyak digunakan pada rumah yang berada di tepi pantai atau kawasan rawa.

Ada beberapa kelebihan yang dimiliki tiang pancang kayu. Bobot tiang ini lebih ringan sehingga akan memudahkan proses pengangkutan. Selain itu tiang pancang juga mempunyai kekuatan daya tarik besar sehingga membantu pemancangan. Kelebihan lainnya adalah dapat dipotong dengan mudah jika tak dapat masuk ke dalam tanah dan cocok untuk friction pile lantaran tekanannya yang lebih kecil.

jenis tiang pancang

Baca juga: Harga Besi WF

Hanya saja juga ada beberapa kekurangan dari tiang pancang kayu. Sifat alami kayu sendiri yang rentan lapuk akan menjadi permasalahan tersendiri untuk Anda yang berniat memakainya. Selain itu material kayu juga rentan terhadap cuaca maupun serangan rayap.

Lantaran rentan rusak, pemilihan kayu untuk tiang pancang juga tidak boleh sembarangan. Disarankan untuk memilih kayu ulin, karena kayu jenis ini mempunyai ketahanan yang baik terhadap air laut. Kayu ulin sering dijumpai di daerah Kalimantan.

Tiang Pancang Beton

Jenis tiang pancang berikutnya adalah tiang pancang beton. Jenis ini biasa digunakan pada gedung tinggi. Proses pemasangan pondasi tiang pancang beton mencakup pengetesan kedalaman tanah keras, pemilihan panjang sesuai beban bangunan, pengeboran tanah dengan menggunakan bor khusus, hingga pengukuran titik sesuai gambar dan mendirikan alat teodolit.

Alat ini terdiri dari dua unit dan dipasangkan dari dua arah. Tujuannya untuk memastikan posisi tiang pancang berdiri tegak hingga elevasi kedalaman yang telah diperhitungkan.

kelebihan tiang pancang

Hanya saja pemasangan tiang pancang beton membutuhkan waktu yang cukup lama. Sebab harus dirancang dan dicor terlebih dahulu agar kekuatannya meningkat dan tahan terhadap pengangkutan, penanganan maupun tekanan ketika pemancangan tanpa terjadi kerusakan.

Tiang Pancang Baja

fungsi tiang pancang

Tiang pancang yang terbuat dari bahan baja ini cocok dipakai pada pondasi bangunan permanen maupun sementara. Tiang pancang ini terdiri dari bentuk pipa dan kotak. Tiang pancang ini mempunyai beberapa kelebihan. Seperti beratnya yang lebih ringan, bisa dipakai berkali-kali, kekuatan untuk menahan benturan akibat proses pemasangan, bisa disambung dengan mudah dan durabilitas yang cukup tinggi.

Tiang Pancang Komposit

kekurangan tiang pancang

Tiang pancang komposit umumnya memadukan bahan-bahan berbeda. Misalnya beton, kayu ataupun baja. Misalnya kombinasi material kayu pada bagian atas muka air tanah, lalu memakai beton pada bagian bawahnya. Akan tetapi teknik pemasangan ini tergolong sulit dan biaya yang dikeluarkan cukup tinggi. Alhasil tiang pancang ini kurang peminat dan mulai ditinggalkan.

Fungsi Tiang Pancang

Tiang pancang untuk pondasi mempunyai beberapa fungsi yang harus kita ketahui. Berikut adalah beberapa fungsi dari tiang pancang.

Menahan Beban Konstruksi

Tiang pancang digunakan untuk menahan beban konstruksi dari permukaan tanah ke dalam tanah lewat lapisan tanahnya. Pondasi tiang pancang mempunyai kemampuan untuk mengirim gaya vertikal dan gaya lateral.

Mirip dengan Pondasi Tapak

Pondasi ini dapat dipakai untuk menahan gaya dorongan dari dalam tanah seperti pondasi tapak. Di samping itu pondasi tiang pancang juga bisa berguna untuk menopang kaki-kaki tiang bangunan supaya tidak terlihat gagal guling.

Memadatkan Tanah Pondasi

Tiang pancang dapat memadatkan endapan tanah yang lepas bebas saat terjadi perpindahan tiang pancang dan getaran ketika pemancangan.

tiang pancang adalah

Menyesuaikan Tapak Bangunan

Tiang pancang juga bisa menurunkan kaki-kaki atau tapak bangunan pada tanah tepi yang lapisan kemampatannya tinggi.

Mengontrol getaran Pondasi

Tiang pancang juga bisa dipakai untuk memadatkan tanah di bawah pondasi dan mengontrol amplitudo getaran dan efek alami dari mesin pemancang.

Mencegah Erosi

Tiang pancang juga bisa menjadi keamanan tambahan di bawah jembatan dan tiang supaya tidak terjadi erosi.

Pondasi yang Baik untuk Lepas Pantai

Tiang pancang juga bisa dipakai pada konstruksi di lepas pantai. Sebab tiang pancang bisa berfungsi untuk mengalirkan beban dari permukaan air ke dalam air dan ke dasar tanah.

Penguat Keamanan Bangunan

TIang pancang juga berfungsi meningkatkan keamanan bangunan dari banyak faktor yang akan merusaknya. Tidak hanya faktor masalah tanah, namun juga faktor pada tanah lainnya ataupun masalah dari air.

Baca juga: Cara Menghitung Pondasi

Kelebihan Pondasi Tiang Pancang

Pondasi tiang pancang mempunyai beberapa kelebihan. Untuk itu akan kami jelaskan apa saja kelebihan dari jenis pondasi yang satu ini.

Kekuatan Terjamin

Pondasi tiang pancang yang terbuat dari material beton mempunyai tegangan yang terjamin kekuatannya.

Meminimalisir Galian

Pemakaian tiang pancang sebagai pondasi juga bisa meminimalisir galian pada tanah. Sebab pemasangan tiang pancang tidak dipengaruhi tinggi muka air tanah.

kelebihan tiang pancang

Mirip Fiction Pile

Pondasi tiang pancang atau reinforced concrete pile ini juga bisa disebut fiction pile atau bearing pile.

Awet

Beberapa macam material tiang pancang dikenal tahan lama. Sehingga Anda bisa menggunakannya hingga puluhan tahun.

Tahan Korosi

Tiang pancang yang terbuat dari beton berkualitas maka beton dekkingnya juga tebal. Hal tersebut akan melindungi bagian dalam tulang beton dari kontak langsung dengan air maupun zat kimia korosif. Sehingga tiang pancang akan awet di berbagai kondisi.

Kekurangan Pondasi Tiang Pancang

Walaupun mempunyai beberapa kelebihan, tiang pancang juga mempunyai beberapa kekurangan. Salah satunya adalah bobot yang terbilang berat. Selain itu dimensinya rata-rata juga besar. Kekurangan lainnya adalah waktu pengerjaan yang cukup lama. Sebab kualitas material perlu dipastikan sehingga daya tahan terhadap beban terjamin.

Proses produk tiang pancang juga terbilang rumit. Serta biaya relatif lebih mahal dibandingkan dengan pondasi konvensional.

Leave a Comment