Penjelasan Detail Pondasi Tiang Pancang

Detail Pondasi Tiang Pancang – Seperti yang sudah diketahui, dalam sebuah bangunan terdapat pondasi yang berfungsi sebagai penyangga dari bangunan tersebut. Dan pondasi bangunan ini terbagi menjadi beberapa macam. Setelah sebelumnya kami sudah membahas mengenai pondasi batu kali, pada kesempatan kali ini kami akan membahas detail pondasi tiang pancang.

Sudah kita pelajari bahwa pondasi menjadi salah satu bagian konstruksi bangunan yang memiliki peran penting, yakni untuk meningkatkan kekuatan dan ketahanan sebuah bangunan. Tiang pancang menjadi salah satu pondasi yang sering dipakai. Pondasi ini berperan meneruskan beban bangunan hingga bagian tanah keras yang letaknya jauh dari permukaan tanah.

Definisi Tiang Pancang

Tiang pancang adalah bagian dari pondasi yang bertugas menyalurkan beban dari konstruksi dan struktur bangunan ke dalam lapisan tanah terdalam yang terletak jauh di bawah permukaan. Dengan demikian bangunan menjadi lebih tahan lama dan kokoh.

tiang pancang adalah

Umumnya praktik pemancangan dilakukan dalam posisi tegak lurus ke dalam tanah. Akan tetapi selain itu juga ada teknik pemancangan miring seperti pada dermaga. Alasannya karea dipengaruhi oleh tekanan ke samping dari perahu ataupun kapal.

Tiang pancang untuk pondasi bangunan sendiri terbagi menjadi empat tipe. Antara lain tiang pancang kayu, beton, baja dan komposit. Berikut akan kami jelaskan satu per satu.

Tiang Pancang Kayu

Pondasi tiang pancang kayu banyak dipakai pada rumah panggung yang ada di daerah Kalimantan atau Sumatera. Selain itu jenis tiang pancang ini juga banyak digunakan pada rumah yang berada di tepi pantai atau kawasan rawa.

Ada beberapa kelebihan yang dimiliki tiang pancang kayu. Bobot tiang ini lebih ringan sehingga akan memudahkan proses pengangkutan. Selain itu tiang pancang juga mempunyai kekuatan daya tarik besar sehingga membantu pemancangan. Kelebihan lainnya adalah dapat dipotong dengan mudah jika tak dapat masuk ke dalam tanah dan cocok untuk friction pile lantaran tekanannya yang lebih kecil.

jenis tiang pancang

Baca juga: Harga Besi WF

Hanya saja juga ada beberapa kekurangan dari tiang pancang kayu. Sifat alami kayu sendiri yang rentan lapuk akan menjadi permasalahan tersendiri untuk Anda yang berniat memakainya. Selain itu material kayu juga rentan terhadap cuaca maupun serangan rayap.

Lantaran rentan rusak, pemilihan kayu untuk tiang pancang juga tidak boleh sembarangan. Disarankan untuk memilih kayu ulin, karena kayu jenis ini mempunyai ketahanan yang baik terhadap air laut. Kayu ulin sering dijumpai di daerah Kalimantan.

Tiang Pancang Beton

Jenis tiang pancang berikutnya adalah tiang pancang beton. Jenis ini biasa digunakan pada gedung tinggi. Proses pemasangan pondasi tiang pancang beton mencakup pengetesan kedalaman tanah keras, pemilihan panjang sesuai beban bangunan, pengeboran tanah dengan menggunakan bor khusus, hingga pengukuran titik sesuai gambar dan mendirikan alat teodolit.

Leave a Comment