Dekorasi Interior Ruang Tamu Minimalis

Desain Ruang Tamu Minimalis – Setiap rumah dipastikan memiliki ruang tamu di dalamnya. Ruang ini menjadi bagian tak terpisahkan dari sebuah rumah. Sesuai dengan namanya, ruangan ini dipakai untuk menerima tamu atau saudara yang datang ke rumah.

Sebagai tuan rumah yang baik, tentunya kita ingin memberikan yang terbaik kepada tamu. Minimal memberikan nuansa ruang tamu yang nyaman dan menarik untuk dipandang mata. Jika Anda merasa bosan dengan tampilan ruang tamu saat ini dan berniat untuk bereksperimen, ada banyak inspirasi desain interior ruang tamu minimalis yang bisa diterapkan.

Konsep minimalis bisa menjadi pilihan yang menarik. Selain tidak terlalu ribet, konsep minimalis tidak membutuhkan banyak barang namun tetap membuat suatu ruangan terlihat menarik. Penasaran seperti apa model ruang tamu minimalis? Berikut beberapa referensi yang kami himpun dari berbagai sumber.

Meletakkan Tanaman Hijau Agar Lebih Segar

ruang tamu sederhana

Hadirnya tanaman hijau di dalam rumah, terutama di ruang tamu bisa menghadirkan suasana yang segar. Dengan pemilihan yang tepat ruang tamu bisa berubah lebih menarik dari sebelumnya.

Memajang Dekorasi Mini

ruang tamu kreatif

Perpaduan cahaya yang pas dan dekorasi mini dalam jumlah tertentu bisa memberikan keunikan tersendiri di ruang tamu rumah Anda. Tamu pun bisa nyaman selama berada di ruang tamu.

Tampil Minimalis dengan Pilihan Warna Hitam Putih

ruang tamu modern

Tidak ada salahnya mengaplikasikan warna hitam putih di interior ruang tamu. Sebagai pemanis Anda bisa meletakkan sofa berwarna abu-abu, tanaman hijau dan hiasan dinding.

Baca juga: Contoh Desain Kamar Tidur Minimalis

Bermain dengan Warna Tak Ada Salahnya

model ruangan minimalis

Memberikan sentuhan beberapa warna di ruang tamu bisa membuatnya terlihat lebih hangat dan berwarna. Sebagai contoh Anda bisa meletakkan tanaman hijau, perabotan dengan aksen kayu dan hiasan dinding atau bantal yang warna-warni.

Memasang Rak Tempel Supaya Lebih Cantik

desain ruang tamu

Banyak yang memanfaatkan rak tempel untuk menambah kecantikan sebuah ruangan. Anda juga bisa mencoba menerapkannya di ruang tamu. Nantinya Anda bisa menambahkan tanaman hijau atau dekorasi kecil lainnya supaya tidak terkesan kosong.

Tiga Sofa Empuk Di tengah Ruang Tamu

ruang tamu kekinian

Meletakkan tiga sofa di ruang tamu bisa menjadi pilihan yang tepat. Apalagi jika ruang yang tersedia terbatas. Supaya terlihat tidak monoton, Anda bisa memilih sofa berwarna cerah, dengan bantal yang warnanya kontras.

Memadukan Warna Putih dan Hijau

model ruang tamu

Biasanya orang-orang memilih bermain aman dengan mengaplikasikan warna putih saja. Akan tetapi Anda bisa mencoba mengombinasikannya dengan warna hijau agar lebih menarik dan tampak lebih segar.

Menghadirkan Warna Pink untuk Kesan Feminim

ruang tamu minimalis

Untuk pemilik rumah wanita, tidak ada salahnya menerapkan warna pink di dalam ruang tamu. Sehingga tampilannya terlihat unik dan mencerminkan kepribadian sang pemilik rumah.

Memanfaatkan Sudut Ruangan Agar Tak Kosong

desain ruang tamu

Biasanya sudut-sudut ruangan merupakan area yang jarang dimanfaatkan. Anda bisa mencoba untuk meletakkan dekorasi di sudut tersebut. Bisa dengan rak minimalis, atau tumbuhan hijau supaya ruang tamu terlihat lebih hidup. Atau Anda juga bisa memanfaatkan sudut tersebut untuk meletakkan majalah.

Mengaplikasikan Wallpaper Dinding di Ruang Tamu

desain interior rumah

Tidak ada salahnya untuk memberikan sentuhan wallpaper di dinding ruang tamu. Selama porsinya tepat, ruang tamu akan menjadi lebih menarik dan segar.

Baca juga: Pembatas Ruangan Minimalis

Tampil Sederhana dengan Warna Dominan Putih

ruang tamu simpel

Warna putih yang dominan di ruang tamu tetap bisa terlihat menarik. Anda tinggal memanfaatkan motif untuk menonjolkan nilai estetika. Selain itu Anda juga bisa memberikan karpet lebar berwarna krem, jendela besar dan kursi sofa yang warnanya kontras dengan warna dekorasi lainnya.

Memberikan Kesan Vintage

ruang tamu vintage

Perabotan berdesain vintage bisa menjadi daya tarik di dalam ruang tamu. Anda bisa berkreasi dengan meletakkan beberapa perabotan dengan konsep vintage.

Menghadirkan Elemen Kayu

ruang tamu minimalis

Elemen kayu solid dengan kesan raw dan kasar bisa menjadi daya tarik utama di ruang tamu. Anda bisa membuatnya sebagai kursi sofa sehingga memberikan kesan minimalis. Selain itu keranjang rotan juga bisa menjadi tempat menyimpan bantal.

Tips Menata Ruang Tamu yang Minimalis

Anda mungkin sadar bahwa menata ruang tamu tidak bisa sembarangan, terlebih jika Anda ingin menghadirkan konsep yang minimalis. Walaupun ruang terbatas, Anda tetap bisa bereksperimen untuk menghadirkan nuansa yang menarik di dalam ruang tamu. Berikut beberapa tips jika Anda ingin menata ruang tamu rumah.

Warna

Warna menjadi salah satu kunci untuk menciptakan suasana rumah yang menyenangkan dan indah. Untuk model ruang tamu minimalis, Anda bisa memilih warna yang menonjolkan kesan bersih atau warna terang untuk menghadirkan kesan ceria.

Furnitur

Selain warna, pemilihan furnitur juga tak kalah penting. Apabila ruang yang tersedia terbatas, sangat tepat jika Anda memilih furnitur berukuran kecil. Selain itu jangan terlalu banyak meletakkan furnitur di ruang tamu supaya tidak terlihat sesak.

Peletakan furnitur yang tidak terlalu banyak akan membuat ruang tamu tampak lapang dan bersih. Selain itu Anda juga bisa meletakkan furnitur berbentuk unik sehingga bisa menjadi daya tarik utama di ruang tamu.

Aksesoris Dinding

Memberikan hiasan dinding juga bisa menunjang keindahan ruang tamu. Di sisi lain tak sulit untuk mencari aksesoris dinding yang menarik. Anda bisa mendapatkannya dengan mudah di berbagai toko perlengkapan rumah atau toko online.

hiasan dinding minimalis

Pemilihan Sofa

Sofa sudah pasti menjadi barang wajib ada di ruang tamu. Maka dari itu pemilihannya juga harus tepat. Misalnya memilih warna sofa yang selaras dengan dinding. Ukuran sofa juga harus disesuaikan dengan ukuran ruangan. Sebagai tambahan, pilih sofa dengan bahan yang nyaman sehingga memunculkan kesan santai.

Meja Tamu

Meja tamu atau coffee table juga menjadi perabotan yang tak terpisahkan dari ruang tamu. Karena meja ini berfungsi untuk meletakkan minuman atau camilan. Pemilihan meja tamu bisa disesuaikan selera, namun usahakan untuk menyesuaikannya dengan tinggi dudukan sofa. Sebagai pemanis Anda bisa meletakkan taplak dengan motif yang unik.

Karpet

Hadirnya karpet di ruang tamu bisa menjadi pemanis. Pada dasarnya karpet dipakai untuk alas dari meja tamu. Akan tetapi Anda bisa memilih karpet dengan motif yang menarik namun tetap minimalis supaya membuat ruang tamu lebih hangat.

karpet rumah minimalis

Sebagai tips, pilihlah karpet dengan bahan yang mudah dibersihkan. Sehingga Anda cukup membersihkannya dengan vacum cleaner.

Rak Dinding

Rak dinding membuat kita bisa meletakkan beberapa barang di atasnya. Entah bingkai foto, pernak-pernik kecil atau tanaman hijau berukuran kecil. Tetap perhatikan dimensinya supaya tetap memberikan kesan rapi di ruang tamu.

Cermin

Cermin seringkali dipakai untuk menyiasati ruangan yang sempit. Dengan adanya cermin ruang tamu bisa tampak lebih luas. Alasannya pantulan cahaya yang menyentuh permukaan cermin menghasilkan cerminan ruang tamu minimalis.

Demikian adalah dekorasi interior ruang tamu minimalis. Semoga informasi yang kami sampaikan bisa menjadi inspirasi untuk Anda yang ingin merenovasi interior ruang tamu menjadi minimalis.

Leave a Comment