Harga Rumput Gajah Mini Varigata Per Meter

Rumput Gajah Mini Varigata – Banyak cara untuk membuat tampilan eksterior rumah terlihat lebih menarik. Salah satunya dengan menghadirkan taman baik di halaman depan maupun belakang rumah. Jika di rumah masih terdapat lahan kosong, maka Anda bisa menambahkan taman di sana.

Ada banyak elemen yang bisa Anda masukkan ke dalam taman Anda. Salah satunya adalah rumput. Bisa dibilang rumput menjadi salah satu bagian yang hampir tak terpisahkan dari taman. Dengan adanya rumput taman menjadi terlihat lebih segar dan sejuk. Tampilan taman juga menjadi lebih manis.

Rumput ini biasa dipakai untuk menutup area tanah yang tidak ditanami tanaman. Sehingga area yang kosong itu menjadi lebih berwarna.

Perlu diketahui, ada cukup banyak rumput hias yang bisa ditambahkan ke taman rumah. Beberapa jenis rumput taman yang sering digunakan oleh masyarakat adalah rumput gajah, rumput jepang dan rumput peking.

Dari beberapa jenis yang ada, rumput jepang dan rumput peking menjadi yang paling banyak dipakai untuk taman. Hanya saja kedua jenis rumput taman ini sulit untuk dirawat. Alhasil sebagian orang lebih memilih rumput gajah mini.

rumput gajah

Rumput ini memiliki ciri yang mirip dengan rumput pada umumnya. Rumput gajah mini memiliki daun yang pendek dan hampir bulat. Warnanya hijau terang dengan bentuk yang halus. Tidak hanya itu saja, perawatan rumput taman yang satu ini juga tergolong mudah karena hanya perlu disiram secara berkala.

Sebagai tambahan rumput ini juga perlu mendapatkan pupuk urea dengan patokan 1 sendok makan per meter2.

Jika Anda berminat untuk membeli rumput gajah mini, Anda perlu mengetahui berapa harga pasaran rumput gajah mini. Ada banyak sekali yang jual rumput gajah mini, baik di sekitar tempat tinggal kita ataupun di toko online. Harganya juga beragam, tergantung dari beberapa faktor.

Maka dari itu penting bagi kita untuk mengetahui kisaran harganya.

Pada artikel ini kami sertakan harga rumput gajah mini sehingga bisa Anda jadikan bahan pertimbangan. Akan tetapi terlebih dahulu kita bahas soal cara menanam dan merawat rumput gajah mini ini.

Baca juga: Harga Dan Cara Menanam Rumput Jepang

Cara Menanam Rumput Gajah Mini

rumput gajah taman

Ada beberapa tahap saat Anda ingin menanam rumput gajah mini. Berikut adalah langkah-langkah menanam rumput gajah mini.

  1. Rumput gajah mini merupakan jenis rumput yang suka dengan tanah subur dan gembur. Oleh karena itu sebelum menanam rumput ini cangkul tanah terlebih dahulu hingga gembur. Tidak perlu terlalu dalam, cukup hingga sekitar 20 cm. Kemudian ratakan permukaan tanah sehingga rumput-rumput yang ditanam di atasnya ikut rata.
  2. BIasanya bibit rumput ini dijual dalam ikatan besar. Maka dari itu kita perlu menjadikan bibit tersebut menjadi kelompok-kelompok rumput yang lebih kecil sekitar 3-5 cm. Selanjutnya tanam bibit rumput tersebut ke tanah yang telah disiapkan hingga seluruh bagian akar tertimbun. Saat penanaman dianjurkan untuk menanamnya secara zig-zag. Tujuannya supaya pertumbuhan rumput terlihat lebih rapi, rapat dan subur.
  3. Ketika ingin menanamnya, mulailah dengan menanam rumput di dalam tanah. Jangan lupa untuk memastikan bahwa ikatan rumput dengan tanah sudah kuat. Beri pukulan perlahan pada permukaan rumput supaya akar dan tanah melekat dengan baik. Di samping itu jangan lupa untuk meratakan posisi rumput dan permukaan tanah dengan bantuan balok kayu atau batu bata. Biarkan rumput gajah mini tumbuh selama kurang lebih seminggu.
  4. Supaya kondisi tanah tetap subur, kita perlu memberikan pupuk secara berkala. Idealnya pemupukan ulang dilakukan setiap tiga bulan sekali. Gunakan pupuk NPK untuk tanaman ini. Untuk pemupukan ulang tahap pertama Anda bisa melakukannya dua minggu setelah proses penanaman bibit. Jangan lupa untuk mencairkan pupuk NPK dengan air, lalu siram pupuk ke rumput dengan jarak 20 cm.

Perlu diketahui bahwa rumput gajah mini memiliki ukuran yang kecil sehingga bisa rusak jika terkena air bertekanan tinggi. Oleh karenanya jangan menyiramnya langsung dengan selang air, sebab hal ini bisa membuat susunan rumput rusak. Sebaiknya gunakan air bertekanan rendah untuk menyiram tanaman.

Dengan demikian rumput tidak sampai tergenang air dan membusuk. Anda bisa menggunakan ceret penyiraman yang mempunyai lubang-lubang kecil untuk menyiram rumput gajah mini.

Cara Merawat Rumput Gajah Mini

rumput gajah putih

Selain mengetahui teknik menanam rumput gajah mini, kita juga harus memahami bagaimana cara merawatnya. Seperti yang telah disinggung di atas, perawatan rumput gajah dapat dilakukan dengan bantuan pupuk NPK. Berikan pupuk ini ke rumput gajah mini setelah dua minggu masa tanam.

Tujuan pemberian pupuk NPK pada rumput gajah mini adalah untuk merangsang jaringan tumbuh rumput. Sehingga nantinya Anda mendapatkan hasil yang baik dan memuaskan.

Tidak hanya itu, jangan lupa untuk menyiramnya secara rutin saat pagi dan sore hari. Perlu digaris bawahi bahwa tumbuhan ini sangat bergantung dengan air. Sebagai tambahan Anda bisa memberikan pagar sementara selama masa tumbuh supaya tidak ada hewan atau orang yang sampai menginjak rumput gajah mini.

Proses pemagaran ini dilakukan selama tujuh hari saja, dan Anda bisa melepaskan pagar sementara itu setelahnya.

Tidak hanya air dan pupuk saja, rumput juga membutuhkan cahaya matahari yang cukup selama masa tumbuh. Amati secara berkala perkembangan rumput gajah mini. Apabila ada rumput yang terserang gulma, cabut hingga akar rumput yang terkena gulma tersebut.

Tujuannya supaya tidak sampai menular ke rumput lain. Disarankan untuk menambahkan pijakan kaki untuk lewat supaya rumput gajah mini berkembang dengan baik dan tidak sampai terinjak.

Baca juga: Desain Taman Rumah Untuk Lahan Sempit

Harga Rumput Gajah Mini

Di pasaran kisaran harga rumput taman ini adalah Rp 15 ribu per meter. Jika Anda memesan dalam jumlah banyak maka Anda bisa mendapatkan harga yang lebih murah. Perlu dicatat bahwa kisaran tersebut adalah harga untuk tingkat petani. Sementara di tingkat supplier bisa mencapai Rp 25 ribu sampai dengan Rp 50 ribu.

Rumput Gajah Mini Varigata

rumput gajah varigata

Rumput gajah mini yang satu ini juga biasa disebut rumput gajah mini putih. Ukurannya tidak jauh berbeda dengan rumput gajah mini biasa. Hanya saja bedanya terletak pada garis-garis putih di permukaannya. Rumput gajah mini varigata tergolong minim perawatan dan tahan terhadap cuaca.

Akan tetapi harga rumput gajah varigata cenderung lebih mahal dari rumput gajah mini biasa. Kisaran harganya Rp 25 ribu per meter persegi.

Rumput Gajah Besar

rumput gajah besar

Selain rumput gajah mini dan varigata, juga ada rumput gajah besar yang bisa Anda jadikan pertimbangan ketika ingin menambahkan rumput di taman rumah Anda. Jenis rumput gajah ini lebih besar dan biasa dijumpai di lapangan bola atau halaman rumah berukuran besar.

Rumput gajah besar lebih tahan terhadap injakan kaki. Perawatannya juga lebih mudah karena tidak perlu terlalu sering disirami. Harga rumput ini berkisar Rp 10 ribu per meter persegi.

Leave a Comment