Harga Rumput Jepang Dan Cara Menanamnya

Harga Dan Cara Menanam Rumput Jepang – Rumput menjadi salah satu elemen yang bisa mempermanis tampilan taman. Oleh karenanya tidak sedikit yang menambahkan rumput ke taman rumah. Jika Anda juga berniat membeli rumput taman, tentu ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan. Salah satunya adalah jenis rumput yang akan dipilih.

Sebab ada beberapa jenis rumput taman yang bisa dibeli di pasaran. Jika Anda kebingungan, Anda bisa mempertimbangkan rumput jepang. Rumput yang memiliki nama latin Zoysia Japonica ini merupakan jenis rumput yang sering digunakan untuk taman, selain rumput gajah mini dan rumput mutiara.

Rumput jepang ini mempunyai beberapa sebutan. Antara lain rumput jarum, rumput peking atau rumput babi. Disebut rumput jarum lantaran bentuk daunnya yang memang menyerupai jarum dengan tinggi sekitar 7 cm dan memiliki warna hijau.

bibit rumput jepang

Baca juga: Desain Teras Rumah Minimalis

Rumput jepang biasanya tumbuh secara bergerombol. Sehingga akan menarik perhatian ketika dipakai untuk menghiasi taman. Selain dipakai untuk taman, rumput jepang juga dipakai untuk hal lain. Misalnya untuk lapangan bola atau untuk makam.

Rumput jepang akan terlihat indah jika disusun sedemikian rupa di taman rumah atau taman kota. Alhasil taman terlihat lebih hijau dan segar. Hanya saja ada satu kekurangan dari rumput ini. Saat duduk di atasnya kita bisa merasakan sensasi seperti tertusuk jarum. Wajar saja, sebab bentuk daunnya yang memang tajam.

Menanam rumput jepang atau rumput peking sebenarnya tidak sulit. Hanya saja kita tetap perlu mengetahui tekniknya supaya rumput jepang bisa tumbuh dengan subur. Untuk lebih jelasnya kita bahas satu per satu di bawah ini.

Cara Menanam Rumput Jepang

Siapkan Lahan

Sebelum menanam rumput, kita perlu menyiapkan lahan yang akan menjadi media tanam rumput jepang. Ada beberapa hal yang perlu kita lakukan. Seperti menggemburkan tanah yang tujuannya untuk membuat rumput bisa tumbuh dan beradaptasi dengan maksimal. Pakai cangkul untuk membalikkan tanah dan garpu tanaman untuk membuat tanah menjadi bongkahan kecil.

Jika sudah selesai, jangan lupa untuk memberikan pupuk kandang secara merata di seluruh permukaan tanah. Perbandingan tanah dan pupuk yang bisa Anda pakai adalah 2:5, atau 2,5 kg pupuk per meter persegi.

Jika sudah diamkan tanah selama tiga hari supaya panas yang dihasilkan oleh pupuk benar-benar hilang. Sambil menunggu tanah, Anda bisa menyiraminya secara rutin agar pupuk tercampur rata dengan tanah.

rumput jepang taman

Penanaman

Langkah selanjutnya adalah menanam rumput jepang. Disarankan untuk menanamnya di sore hari. Sebab saat sore hari sinar matahari tidak terik, dan dilanjutkan dengan udara dingin di malam hari. Dengan kondisi tersebut rumput jepang bisa menyesuaikan diri dengan lingkungan sekitar dalam waktu yang cukup panjang.

Jika Anda menanamnya di pagi hari rumput bisa layu saat siang. Sebab paparan sinar matahari di saat tersebut sangat terik.

Ketika akan menanam rumput jepang, yang perlu Anda lakukan adalah membuat lubang-lubang kecil dengan jarak sekitar 7 cm secara zig-zag. Gunakan tongkat kayu untuk memudahkan Anda membuat lubang.

Anda bisa membeli rumput jepang berbentuk gerombolan, lalu memisahkannya kelompok per kelompok supaya rumput yang dipisahkan tetap mempunyai akar. Apabila Anda membeli rumput jepang dalam bentuk kotak-kotak yang siap tanam, maka Anda bisa langsung meletakkannya di atas lahan yang menjadi media tanam rumput tersebut. Sebab rumput jepang yang berbentuk blok memiliki sedikit sisa tanah dan akar di baliknya.

Selanjutnya rumput yang sudah dipisahkan tadi disiram dengan sedikit air dan ditanam ke dalam lubang yang sudah disiapkan. Kemudian tutup dengan menyibakkan tanah sedikit saja. Tidak perlu menekan tanah secara berlebihan supaya akar tidak patah dan menyebabkan rumput mati.

Dengan menyibakkan tanah rumput jepang bisa lebih leluasa bernafas dan menyerap zat-zat hara dari tanah. Akan tetapi jika ingin rumput lebih rata Anda bisa menambahkan pasir di sela-sela rumput secukupnya.

rumput peking

Perawatan Rumput Jepang

Perawatan rumput jepang bisa dilakukan sendiri asalkan mengetahui caranya. Untuk perawatan rumput taman ini kita membutuhkan pupuk dan air. Berikan pupuk dan air secara berkala supaya rumput bisa tumbuh subur. Selain itu jangan lupa untuk membuang gulma secara rutin.

Mencabut gulma atau rumput liar penting supaya rumput jepang bisa tumbuh dengan baik. Selain itu juga lindungi rumput jepang dari serangan serangga. Tidak perlu memakai pestisida, cukup dengan menjaga lingkungan dan sanitasi lahan.

Pemupukan rumput jepang juga perlu memperhatikan usia rumput. Jika sudah dua minggu, Anda bisa memberikan pupuk urea. ½ kilogram pupuk bisa dipakai untuk 10 m2 tanah. Pemupukan tahap kedua dilakukan setelah rumput berusia dua bulan dengan takaran yang sama. Jika tanah terasa padat dan keras, tambahkan pupuk TSP.

rumput jarum

Penyiraman bisa dilakukan sebanyak dua kali sehari saat pagi dan sore hari. Penyiraman dilakukan dengan memakai selang air yang diarahkan ke udara supaya siraman air tidak terlalu deras dan agar rumput tidak terlepas dari tanah lantaran tekanan air yang terlalu kencang.

Jika pertumbuhan rumput jepang baik, hasil dari jerih payah Anda bisa Anda nikmati saat rumput berusia 3-4 bulan. Supaya rumput tetap terlihat rapi jangan lupa untuk memotongnya secara rutin.

Lakukan pemangkasan saat usia rumput mencapai 3 bulan. Dengan begitu akar rumput tetap terkena sinar matahari dan membuat rumput tetap berwarna hijau. Jika tidak rumput bisa berubah warna menjadi kuning kecoklatan atau bahkan bisa membuat rumput mati.

Harga Rumput Jepang

Rumput jepang umumnya dijual dalam bentuk benih atau biji. Selain itu juga ada yang menjualnya dalam bentuk blok-blok dengan tanah dan akar yang siap untuk ditanam. Anda bisa memilih salah satu di antara keduanya sesuai dengan kebutuhan.

perawatan rumput jepang

Baca juga: Cara Menanam Rumput Gajah Mini

Hanya saja jika Anda berniat menanam rumput jepang sendiri dan masih belum memiliki pengalaman yang memadai soal menanam rumput jepang, maka disarankan untuk memilih rumput jepang siap tanam. Bukan tanpa alasan, pemilihan rumput jepang siap tanam akan memudahkan Anda lantaran proses menanamnya praktis. Selain itu proses pertumbuhannya juga cenderung lebih cepat.

Harga rumput jepang siap tanam berkisar mulai Rp 20 ribu sampai dengan 55 ribu per 1 x ` meter. Sedangkan harga benih rumput gajah mulai Rp 10 ribu untuk 1 pack berisi 50 benih. Selain itu Anda juga bis amemilih bibit rumput jepang Haira Seed yang harganya Rp 12 ribu per gram.

Pilihan lainnya adalah bibit merek Bermudagrass ukuran 500 gram yang bisa dibeli dengan harga Rp 550 ribu. Atau juga bisa membeli bibit per karung isi 1,25 kg untuk penanaman 300 meter persegi. Harganya mencapai Rp 1,2 jutaan. Tentu saja banderol harga benih atau rumput jepang blok bisa berbeda-beda di setiap tempat. Meski begitu selisih harga yang muncul biasanya tidak terlalu besar.

Leave a Comment