Harga Rumput Jepang Dan Cara Menanamnya

Harga Dan Cara Menanam Rumput Jepang – Rumput menjadi salah satu elemen yang bisa mempermanis tampilan taman. Oleh karenanya tidak sedikit yang menambahkan rumput ke taman rumah. Jika Anda juga berniat membeli rumput taman, tentu ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan. Salah satunya adalah jenis rumput yang akan dipilih.

Sebab ada beberapa jenis rumput taman yang bisa dibeli di pasaran. Jika Anda kebingungan, Anda bisa mempertimbangkan rumput jepang. Rumput yang memiliki nama latin Zoysia Japonica ini merupakan jenis rumput yang sering digunakan untuk taman, selain rumput gajah mini dan rumput mutiara.

Rumput jepang ini mempunyai beberapa sebutan. Antara lain rumput jarum, rumput peking atau rumput babi. Disebut rumput jarum lantaran bentuk daunnya yang memang menyerupai jarum dengan tinggi sekitar 7 cm dan memiliki warna hijau.

bibit rumput jepang

Baca juga: Desain Teras Rumah Minimalis

Rumput jepang biasanya tumbuh secara bergerombol. Sehingga akan menarik perhatian ketika dipakai untuk menghiasi taman. Selain dipakai untuk taman, rumput jepang juga dipakai untuk hal lain. Misalnya untuk lapangan bola atau untuk makam.

Rumput jepang akan terlihat indah jika disusun sedemikian rupa di taman rumah atau taman kota. Alhasil taman terlihat lebih hijau dan segar. Hanya saja ada satu kekurangan dari rumput ini. Saat duduk di atasnya kita bisa merasakan sensasi seperti tertusuk jarum. Wajar saja, sebab bentuk daunnya yang memang tajam.

Menanam rumput jepang atau rumput peking sebenarnya tidak sulit. Hanya saja kita tetap perlu mengetahui tekniknya supaya rumput jepang bisa tumbuh dengan subur. Untuk lebih jelasnya kita bahas satu per satu di bawah ini.

Cara Menanam Rumput Jepang

Siapkan Lahan

Sebelum menanam rumput, kita perlu menyiapkan lahan yang akan menjadi media tanam rumput jepang. Ada beberapa hal yang perlu kita lakukan. Seperti menggemburkan tanah yang tujuannya untuk membuat rumput bisa tumbuh dan beradaptasi dengan maksimal. Pakai cangkul untuk membalikkan tanah dan garpu tanaman untuk membuat tanah menjadi bongkahan kecil.

Jika sudah selesai, jangan lupa untuk memberikan pupuk kandang secara merata di seluruh permukaan tanah. Perbandingan tanah dan pupuk yang bisa Anda pakai adalah 2:5, atau 2,5 kg pupuk per meter persegi.

Jika sudah diamkan tanah selama tiga hari supaya panas yang dihasilkan oleh pupuk benar-benar hilang. Sambil menunggu tanah, Anda bisa menyiraminya secara rutin agar pupuk tercampur rata dengan tanah.

rumput jepang taman

Penanaman

Langkah selanjutnya adalah menanam rumput jepang. Disarankan untuk menanamnya di sore hari. Sebab saat sore hari sinar matahari tidak terik, dan dilanjutkan dengan udara dingin di malam hari. Dengan kondisi tersebut rumput jepang bisa menyesuaikan diri dengan lingkungan sekitar dalam waktu yang cukup panjang.

Leave a Comment