Harga Rumput Sintetis Untuk Taman Per Meter

Rumput Sintetis Outdoor Dan Indoor – Mempunyai hunian yang nyaman adalah dambaan dari banyak orang. Mewujudkan rumah yang nyaman bisa dilakukan dengan banyak hal. Salah satunya adalah adalah dengan mempermanis suasana rumah. Untuk sisi eksterior Anda bisa menghadirkan taman, baik berukuran mungil ataupun besar.

Di area tersebut Anda bisa meletakkan berbagai jenis tanaman, berikut dekorasi taman yang akan mempercantik suasana. Jika ingin suasana lebih hijau, maka Anda bisa menambahkan rumput. Hanya saja rumput membutuhkan perawatan khusus. Hal ini bisa menjadi permasalahan tersendiri, terutama jika Anda adalah orang yang sangat sibuk.

Rumput taman, baik rumput jepang, rumput gajah dan rumput-rumput jenis lain perlu disirami secara rutin dengan teknik yang tepat. Selain itu penanaman dan pemupukan juga harus dilakukan dengan benar jika ingin rumput tumbuh dengan indah. Apabila Anda tidak ingin repot, masih ada solusi alternatif lain. Yakni dengan menggunakan rumput sintetis.

Rumput sintetis adalah rumput tiruan yang dibuat dengan bahan plastik atau sintetis. Tujuan dari rumput ini adalah untuk menggantikan rumput asli. Tidak hanya itu, rumput ini memiliki beberapa jenis yang mirip dengan aslinya. Sehingga Anda tinggal memilih mana yang sesuai dengan keinginan.

dekorasi rumput sintetis

Baca juga: Cara Menanam Rumput Jepang

Rumput sintetis memang bukanlah rumput asli karena rumput ini merupakan buatan manusia. Akan tetapi tampilannya dibuat semirip mungkin dengan rumput asli. Baik dari segi bentuk maupun warnanya. Oleh karena itu tidak sedikit yang lebih memilih rumput sintetis dibandingkan rumput sungguhan.

Harga rumput sintetis sendiri memang lebih mahal dari rumput taman asli. Akan tetapi perawatan rumput sintetis jauh lebih mudah. Anda tidak perlu menyiramnya setiap pagi dan sore, atau memotong dan memberikannya pupuk. Perawatan rumput sintetis cukup dengan memakai pembersih saja.

Jenis Rumput Sintetis

Jika dilihat dari material dasarnya, rumput sintetis bisa dibagi menjadi tiga macam. Berikut penjelasan masing-masing yang bisa Anda simak.

Rumput sintetis Nilon

Rumput sintetis ini terbuat dari bahan nilon. Kelebihannya terletak pada ketahanannya yang kuat. Permukaan rumput nilon tidak akan mudah rusak walaupun diinjak berkali-kali. Tidak cukup sampai di situ saja, rumput jenis ini juga bisa tahan terhadap suhu tinggi.

Akan tetapi ada rupa ada harga. Dengan kelebihan tersebut Anda harus membayar lebih mahal dibandingkan dengan rumput jenis lainnya. Meski begitu rumput sintetis tetap mempunyai kekurangan. Tekstur rumput ini lebih kasar sehingga kurang nyaman jika bersentuhan langsung dengan kulit.

Rumput Sintetis Polyethylene

Ciri khas rumput polyethylene terletak pada struktur yang mirip dengan rumput asli. Oleh karenanya rumput sintetis ini sering dipakai untuk membuat ruang hijau di dalam hunian. Selain mempunyai struktur yang lembut, rumput sintetis polyethylene memiliki warna yang alami. Biasanya rumput ini dipadukan dengan rumput sintetis nilon. Tujuannya tidak lain untuk membuat daya tahannya lebih tinggi.

Rumput Sintetis Polypropylene

Jika mencari rumput sintetis murah, rumput polypropylene bisa menjadi bahan pertimbangan. Anda bisa menggunakan rumput ini jika ingin memberikan area hijau di rumah namun dana terbatas. Akan tetapi ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan. Rumput ini cenderung lebih cepat rusak dibandingkan dengan jenis rumput lainnya.

Selain beberapa jenis di atas, masih ada jenis-jenis lain yang lazim ditemui di pasaran. Berikut adalah beberapa jenis rumput sintetis lainnya.

Rumput Sintetis Golf

Rumput sintetis golf adalah salah satu jenis rumput sintetis yang ditujukan untuk lapangan golf. Biasanya rumput ini disebut dumor m-10. Tinggi rumput golf umumnya hanya 10 mm. Selain itu tampilan rumput sintetis golf tampak rapi karena permukaannya yang lebih halus dan lembut.

Rumput ini tidak hanya dipakai untuk lapangan golf saja, namun juga untuk taman atau landscape hingga dekorasi dinding. Usia rumput sintetis ini umumnya mencapai 9-11 tahun jika ditempatkan di dalam ruangan. Sementara untuk pemakaian di luar ruangan bisa bertahan hingga 7-8 tahun.

Rumput Sintetis Jepang

Rumput sintetis jepang adalah salah satu jenis rumput sintetis yang terbuat dari monofilament. Rumput sintetis jepang memiliki nama lain dumor m-20. Biasanya rumput ini memiliki tinggi 20 mm. Sesuai namanya, bentuk rumput ini dibuat mirip dengan rumput jepang asli.

Uniknya jika diperhatikan terdapat warna rumput mati di sisi-sisi rumput hijau. Hal ini membuat rumput sintetis jepang terlihat semakin mirip dengan aslinya. Oleh karenanya Anda bisa memakainya untuk taman ataupun dekorasi rumah lain.

Daya tahan rumput sintetis jepang jika diletakkan di indoor mencapai 11-12 tahun. Sementara untuk outdoor mencapai 10-11 tahun.

Rumput Sintetis Swiss

Rumput ini cocok dipakai untuk taman, baik indoor ataupun outdoor. RUmput sintetis swiss memiliki karakteristik yang lebih halus. Selain itu rumput ini juga mempunyai warna hijau yang lebih alami.

Ada yang menyebut rumput sintetis swiss ini dengan sebutan dumor m-30, karena ketinggiannya yang mencapai 30 mm. Tekstur rumput ini menjadi daya tarik utama. Sedangkan daya tahan rumput sintetis swiss sama seperti rumput jenis landscape sintetis. Biasanya rumput ini juga dipakai untuk lapangan sepak bola atau futsal.

Kelebihan Rumput Sintetis

Rumput sintetis dipilih karena beberapa kelebihan yang dimilikinya. Apa saja kelebihan rumput ini? Berikut beberapa poin keunggulan rumput sintetis yang bisa Anda jadikan bahan pertimbangan.

Tidak Membutuhkan Mesin Pemotong

Rumput sintetis tidak memerlukan mesin pemotong untuk merapikan rumput. Karena rumput ini tidak akan bertambah panjang seperti halnya pada rumput asli atau rumput hidup. Sehingga Anda bisa menghemat pengeluaran.

Tidak Perlu Sering Disiram

Rumput sintetis juga tidak perlu disiram secara rutin seperti rumput asli. Rumput ini hanya perlu sesekali dibilas jika ada kotoran yang menumpuk di permukaannya. Selain lebih hemat air, Anda juga akan menghemat anggaran. Sedangkan untuk membersihkannya bisa dengan memakai alat vacum cleaner.

Tidak Berlumpur

Rumput ini tidak akan menimbulkan lumpur jika terkena air. Sebab rumput buatan tidak memerlukan tanah ketika kita ingin memasangnya. Alhasil taman akan menjadi terlihat lebih indah.

Tidak Perlu Pupuk dan Pestisida

Rumput asli membutuhkan pupuk untuk tumbuh subur. Selain itu pestisida juga perlu diberikan secara berkala supaya rumput terbebas dari serangga. Anda tidak membutuhkan itu semua jika memakai rumput sintetis.

Karena merupakan rumput palsu, maka Anda tidak perlu memberikannya pupuk ataupun pestisida. Tentu saja hal ini tidak akan membuat Anda kerepotan untuk merawatnya.

Bisa Dipakai untuk Dekorasi

Anda bisa menggunakan rumput sintetis untuk menciptakan taman artificial. Dengan begitu rumah akan terlihat lebih indah dan membuat Anda betah dan nyaman berlama-lama di sana.

Baca juga: Rumput Gajah Mini Varigata

Harga Rumput Sintetis

Jika ingin membeli rumput sintetis, Anda membutuhkan daftar harga sebagai bahan pertimbangan. Untuk itu berikut adalah kisaran harga rumput sintetis di pasaran.

Ketebalan Rumput Sintetis Harga
Rumput sintetis 8 mm Rp115 ribu
Rumput sintetis hijau tua 10 mm Rp125 ribu
Rumput sintetis 13 mm Rp125 ribu
Rumput Jepang 20 mm Rp180 ribu
Rumput Swiss 20mm Rp170 ribu
Rumput Swiss 25 mm Rp180 ribu
Rumput Jepang 30 mm Rp180 ribu
Rumput 50 mm Rp195 ribu
Rumput Golf Premium 15 mm 275 Rp275 ribu
Rumput Golf Standar 10mm 120 Rp120 ribu
Rumput Swiss Premium 25 mm Rp170 Rp170 ribu

 

Ketebalan Rumput Sintetis Harga
Cc Grass Rumput Artifisial Soft 20mm Rp299 ribu
Cc Grass Rumput Artifisial Ebl Cc 10 mm Rp399 ribu
Cc Grass Rumput Artifisial 1×1 M Rp99 ribu
Cc Grass Rumput Artifisial Two Tone Rp419 ribu
Cc Grass Rumput Artifisial 4 Cm Rp489 ribu

 

Leave a Comment