Penjelasan, Harga Dan Ukuran Scaffolding

Penjelasan, Harga Dan Ukuran Scaffolding – Jika kita melihat gedung-gedung atau rumah yang sedang dibangun, mungkin Anda tidak asing dengan alat bantu bagi para pekerja konstruksi di ketinggian yang sulit dijangkau manusia. Alat ini memiliki julukan scaffolding atau perancah.

Scaffolding memiliki fungsi utama sebagai alat bantu bagi para pekerja konstruksi untuk melakukan pekerjaan di bidang tertentu. Biasanya bidang ini terletak di area yang sulit dijangkau tangan manusia, seperti di tempat ketinggian. Oleh karenanya scaffolding digunakan supaya area tersebut bisa terjangkau dan dikerjakan dengan mudah.

Harga scaffolding di pasaran sangat beragam. Ada yang hanya dijual ratusan ribu rupiah, dan ada pula yang mencapai jutaan atau bahkan puluhan juta rupiah untuk satu set. Di samping itu tidak sedikit yang menyewakan scaffolding dengan biaya sewa yang variatif.

Penjelasan Scaffolding

struktur perancah

Scaffolding sendiri merupakan struktur sementara yang dipakai untuk menyangga manusia dan material dalam konstruksi atau perbaikan gedung maupun bangunan-bangunan besar lainnya. Umumnya scaffolding berupa sistem modular dari pipa atau tabung logam. Akan tetapi ada pula perancah yang terbuat dari bahan lain.

Baca juga: Ukuran dan Harga ACP Seven

Scaffolding atau steger ini mempunyai bentuk seperti platform tempat para pekerja melakukan tugasnya. Dalam beberapa kondisi struktur scaffolding juga dilapisi dengan jaring yang terlihat seperti jala. Jaring pengaman ini dipasang untuk meminimalisir jatuhnya puing-puing kecil ke luar area pekerjaan dan menimpa orang-orang di sekitarnya.

Fungsi Scaffolding

Scaffolding memiliki beberapa fungsi. Hal ini perlu kita ketahui supaya paham betul kegunaan alat bantu ini. Berikut adalah beberapa fungsi scaffolding.

  1. Sebagai working platform sementara untuk pekerja bangunan yang bekerja di area tinggi.
  2. Sebagai pengaman keselamatan di area ketinggian, sehingga para pekerja bisa melakukan tugasnya dengan efektif dan nyaman.
  3. Sebagai perlindungan bagi pekerja yang berada di area bawah apabila ada puing-puing kecil atau peralatan yang jatuh dari ketinggian.
  4. Sebagai jalur penghubung antar area-area kerja.
  5. Pada gedung yang tinggi scaffolding biasanya dilengkapi dengan safety net yang tujuannya untuk melindungi area luar kerja dari puing yang jatuh dari ketinggian.
  6. Bisa dipakai untuk menopang cetakan beton hingga kering.

Scaffolding biasanya terbuat dari pipa-pipa besi yang dibentuk sedemikian rupa sehingga memiliki kekuatan untuk menyangga beban yang ada di atasnya. Dalam suatu proyek, kebutuhan akan scaffolding tergantung pada pemilik proyek. Sebab ada perbedaan biaya jika memakai bambu dan scaffolding.

Scaffolding sendiri merupakan pengganti bambu dalam membangun suatu proyek konstruksi. Dengan memakai scaffolding, kita bisa menghemat biaya dan efisiensi waktu pemasangan.

Jenis Scaffolding

jenis scaffolding

Scaffolding sangat beragam jenisnya. Masing-masing memiliki ciri khas yang berbeda-beda. Sehingga kegunaannya juga bisa berbeda. Berikut adalah jenis-jenis scaffolding yang bisa Anda temui.

  1. Scaffolding andang
  2. Scaffolding tiang
  3. Scaffolding besi beroda
  4. Scaffolding tanpa roda
  5. Scaffolding menggantung
  6. Scaffolding frame
  7. Scaffolding dolken
  8. Two Point Adjustable Suspension Scaffold.
  9. Strip Board One Side Scaffold.
  10. Auxiliary Fixtures For Pipe Scaffolding.
  11. Bracket One Side Scaffold.
  12. Independent Scaffold.
  13. Birdcage Scaffold.
  14. Access Tower Scaffold.
  15. Cantilever Scaffold.
  16. Putlog Scaffold.
  17. Suspended Scaffold.
  18. Mobile Scaffold.

Daftar Harga Scaffolding Lengkap

Setelah mengetahui jenis-jenis scaffolding, mungkin Anda bertanya-tanya berapa harga pasaran scaffolding. Berikut kami sertakan daftar harga perancah yang bisa Anda jadikan gambaran.

Leave a Comment